Kenaikan Harga Mie Instan

Duh, Harga Mie Instan Bakal Naik 3 Kali Lipat! Ternyata Ini Penyebabnya

Harga mie instan bakal naik tiga kali lipat. Ternyata salah satu penyebab kenaikan harga mie instan adalah perang Rusia Ukraina!

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
dok.istimewa
Harga mie instan bakal naik 3 kali lipat 

Tribunjogja.com - Harga mie instan bakal naik tiga kali lipat. Tentu ini kabar yang menyedihkan bagi masyarakat umum apalagi anak kos-kosan.

Apa penyebab harga mie instan bakal naik 3 kali lipat?

Ternyata salah satu penyebab kenaikan harga mie instan adalah perang Rusia Ukraina!

Mie instan
Mie instan (DOK. YouTube Devina Hermawan)

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut, harga mie instan akan naik 3 kali lipat, karena pasokan gandum yang semakin terbatas imbas Perang Rusia-Ukraina. Syahrul mengatakan, kenaikan harga mie instan akan terasa lebih signifikan dari yang terjadi saat ini.

"Belum selesai dengan climate change, kita dihadapkan Perang Ukraina-Rusia, di mana ada 180 juta ton gandum ngga bisa keluar, jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya (naik) 3 kali lipat," kata Syahrul dalam webinar yang diadakan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Senin (8/8/2022).

"Saya bicara ekstrem aja, ada gandum tapi harganya mahal banget. Sementara kita impor terus," ucapnya.

Gandum adalah bahan baku untuk membuat mie instan. Ekspor gandum Rusia-Ukraina yang biasanya memasok hingga 40 persen kebutuhan dunia, kini tersendat akibat perang. Sesuai dengan hukum ekonomi, ketika pasokan berkurang namun permintaan tetap atau bahkan meningkat, maka harga gandum akan naik.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang warganya banyak mengonsumsi mie instan. Indonesia juga memiliki perusahaan yang berstatus salah satu produsen mie intan terbesar di dunia, yaitu Indofood.

Selain dari Rusia dan Ukraina, Indonesia juga mengimpor gandum dari negara lain. Misalnya Australia. Namun karena pasokan bahan bakunya terbatas, otomatis harga mie instan di dalam negeri juga ikut naik.

Menurut Nita, seorang pemilik warung di perumahan Gardenia Cileungsi, Kab. Bogor, Jawa Barat, harga mie instan sudah naik sejak habis Lebaran Mei lalu.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved