Tips Kesehatan

Tak Perlu Minum Obat, Ini 4 Jus Obat Alami Perontok Hipertensi alias Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda penderita hipertensi, ada beberapa cara menurunkan hipertensi secara alami tanpa perlu minum obat cukup konsumsi jus ini

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
belitung.tribunnews
Jus dari buah nanas 

Tribunjogja.com - Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi alias hipertensi bila tekanan darah di atas 180/120.

Hipertensi tak bisa dianggap sepele sebab penyakit satu ini bisa memicu penyakit berbahaya seperti stroke hingga penyakit jantung.

Bagi Anda penderita hipertensi, ada beberapa cara menurunkan hipertensi secara alami tanpa perlu minum obat.

Caranya mudah, cukup mengonsumsi jus-jus berikut ini. Jus apa saja? Simak penjelasannya:

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

1. Jus Mengkudu

Mengutip dari buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia karya Setiawan Dalimartha, buah mengkudu mengandung banyak senyawa aktif diantaranya alkaloid, polysaccharide, coumarin, linoleic, dan sterol.  Selain itu, buah mengkudu juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan karoten.  Buah mengkudu bersifat astringen, menghilangkap lembab, meningkatkan kekuatan tulang, peluruh kencing, peluruh haid, pembersih darah.

Tidak hanya itu, buah mengkudu juga bersifat antikanker, pereda batuk, pereda demamm antiradang, antibakteri, pencahar, dan antiseptik. Mengutip dari situs resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, buah mengkudu mengandung zat skopoletin yang berfungsi mengatur tekanan darah.  Membuat jus mengkudu untuk obat tekanan darah tinggi cukup mudah.

Mengutip dari buku berjudul Bebas Hipertensi Dengan Jus, berikut bahan dan cara membuat jus mengkudu.  Bahan  Mengkudu matang (cukup tua) 1 buah  Anda cuci buah mengkudu sampai bersih lalu blender sampai halus. Anda saring jus buah mengkudu tersebut lalu minum dengan segera. 

2. Jus Belimbing 

Buah Belimbing
Buah Belimbing (Thinkstockphotos)

Buah belimbing memiliki rasa yang manis dan mengandung cukup banyak air. Umumnya, buah belimbing dimanfaatkan sebagai bahan membat rujak. Mengutip dari buku berjudul 9 Buah & Sayur Sakti Tangkal Penyakit karya Agus Suwanto, buah belimbing kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Halaman
123
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved