Update Covid19 DI Yogyakarta

Penambahan Kasus Covid-19 di DI Yogyakarta Masih Tinggi, Sekda DIY Beberkan Penyebabnya

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyebut kenaikan kasus disebabkan karena pelonggaran yang diberlakukan pemerintah tak diimbangi

Freepik.com
Ilustrasi Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tren penularan Covid-19 di DIY masih tegolong tinggi.

Tiap harinya rata-rata penambahan kasus positif berada di atas angka 60 kasus. Sedangkan positivity rate berada di angka

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyebut kenaikan kasus disebabkan karena pelonggaran yang diberlakukan pemerintah tak diimbangi dengan kesadaran penegakan protokol kesehatan oleh masyarakat.

Baca juga: Musim Kemarau, BPBD Sleman Antisipasi Bencana Kekeringan dengan Siapkan Puluhan Tangki Air Bersih

"Kita sudah kendor sesuatu yang diabaikan oleh masyarakat. Sekarang sudah memberi toleransi kemarin ada informasi di luar tanpa masker nggak papa," jelas Aji, Selasa (2/8/2022). 

Selain itu kenaikan kasus juga disebabkan oleh pelaksanaan skrining Covid-19 yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota dengan menyasar sekolah-sekolah yang sudah menggelar pembelajaran tatap muka secara penuh.

"Ini untuk mengetahui kondisi di lapangan jadi memang digencarkan," katanya.

Aji menjelaskan, pemerintah belum memutuskan untuk kembali melakukan pengetatan lantaran pertimbangan ekonomi yang harus tetap bergulir.

Namun kebijakan itu bisa saja dikaji ulang seperti kebijakan pemakaian masker di tempat terbuka yang kini kembali diwajibkan.

Baca juga: Update Covid-19 DI Yogyakarta 2 Agustus 2022: Tambah 79 Kasus Baru, 7 Pasien Dinyatakan Sembuh

Pemda DIY pun akan menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat untuk perkembangan kebijakan lebih lanjut.

"Wisata sudah longgar, pertunjukan dan rapat besar sudah dibolehkan. Tentu itu ada pertimbangan lain tidak hanya kesehatan tapi juga ekonomi. Kalau itu kemudian bisa membuat peningkatan kasusnya cukup tinggi tentu harus dianalisis lagi terhadap kebijakan," jelasnya. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved