Berita Otomotif Terkini

Restorasi Motor 'Gaib' Suzuki Satria 120S Test Ride 1998

Untuk merestorasi Suzuki Satria 120S Test Ride 1998 ini, dibutuhkan waktu sekira 5-6 bulan dan biaya sekira Rp 25-30 juta.

TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Motor Suzuki Satria 120S Test Ride yang direstorasi Gregorius Nugie. 

TRIBUNJOGJA.COM - Di antara varian motor 2-tak Suzuki Satria, barangkali Suzuki Satria 120S Test Ride menjadi yang paling 'gaib' keberadaan unitnya.

Wajar saja apabila Suzuki Satria 120S Test Ride ini sangat langka dan kini jadi incaran pecinta motor 2-tak, pasalnya motor ini memang tidak dijual secara massal alias diperuntukkan untuk kalangan terbatas, dalam hal ini hanya dimiliki beberapa dealer atau main dealer Suzuki untuk kepentingan promosi penjualan.

Hal tersebut diamini oleh Gregorius Nugi Nugraha, pehobi Suzuki Satria asal Yogyakarta yang belum lama ini dipercaya oleh customer asal Sukabumi, Jawa Barat, untuk merestorasi Suzuki Satria 120S Test Ride lansiran 1998.

Awalnya, Nugi mengaku sempat ragu ketika dipercaya merestorasi motor berkelir kuning ini. Terlebih kondisi awal motor tak lagi utuh, bagian mesin bahkan hanya menyisakan crankcase.

Baca juga: Bisnis Restorasi Motor Lawas Mahasiswa UNY Laris Manis, Banjir Order Setelah Lebaran

"Si pemilik motor ini menghubungi saya awalnya melalui instagram, berlanjut ke WA. Dia menyampaikan bahwa ingin merestorasi Suzuki Satria 120S Test Ride tahun 1998, lengkap beserta surat-suratnya tapi kondisinya memang tak lagu utuh karena mungkin sudah digunakan untuk keperluan praktik bengkel di dealer Suzuki," terang Nugi kepada Gaspol 52 Tribun Jogja.

"Awalnya saya ragu lantaran saya tidak memiliki referensi tentang Suzuki Satria 120S Test Ride yang dapat dijadikan acuan untuk restorasi. Cuma setelah saya pertimbangkan, akhirnya saya tertantang untuk merestorasi motor ini," lanjutnya.

"Pertimbangannya, ini motor yang langka lantaran hanya ada beberapa unit di Indonesia. Di samping itu, umumnya warna yang tertera di STNK itu kombinasi misal kuning-hitam atau hitam-kuning, tetapi Suzuki Satria 120S Test Ride ini hanya tertulis warna kuning," tambah dia.

Benar saja, waktu motor ini tiba di Jogja, kondisinya tidak utuh.

Dalam artian body tidak utuh dan sudah di-repaint, mesin sudah dibongkar hanya tertempel crankcase saja, pernik motor lainnya juga dimasukkan dalam sebuah kardus, kaki-kaki juga tidak komplit lantaran tak ada rem, footstep dan standar juga tidak ada.

"Otomatis, saya harus bekerja ekstra untuk melengkapi sparepart-sparepart itu," kata Nugi sembari menunjukkan kondisi Suzuki Satria 120S Test Ride sebelum direstorasi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved