Kesehatan

Waspada Diabetes, Inilah Gejala yang Bisa Muncul Bila Kadar Gula Darah Anda Melebihi Batas Normal

Gejala-gejala diabetes itu kerap tidak disadari. Itulah sebabnya ketika seseorang terdeteksi terkena diabetes, ternyata sudah mengalami komplikasi

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
net
Ilustrasi cek gula darah - Gejala-gejala diabetes muncul karena gula darah tinggi 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes ditandai dengan sejumlah gejala yang sebagian di antaranya merupakan akibat dari kadar gula darah tinggi atau melebihi batas nilai normal. 

Gejala-gejala diabetes itu kerap tidak disadari. Itulah sebabnya ketika seseorang terdeteksi terkena diabetes, kerap ternyata sudah mengarah ke kondisi komplikasi. 

Lantas apa saja gejala yang muncul akibat gula darah tinggi namun kerap tidak disadari tersebut? 

Ilustrasi kadar gula dalam darah - Beberapa olahraga bermanfaat mengelola kadar gula darah dan tingkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes
Ilustrasi kadar gula dalam darah - Beberapa olahraga bermanfaat mengelola kadar gula darah dan tingkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes (diabetes.co.uk)

Satu di antaranya adalah kecenderungan sering kencing atau buang air kecil. 

Nah, berikut beberapa tanda-tanda lain akibat kadar gula darah tinggi yang jadi merupakan gejala diabetes, dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan:

1. Sering kencing atau buang air kecil

Ketika Anda menyadari kerap buang air kecil, penting untuk waspada karena bisa jadi itu merupakan tanda sedang kelebihan kadar gula darah.

Kerap kencing disebabkan sel-sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa sehingga ginjal berusaha untuk mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin.

Dalam kondisi demikian, seseorang akan lebih sering kencing daripada orang normal dan mengeluarkan lebih dari 5 liter air kencing sehari.

Ketika di malam hari sekalipun, penderita juga terbangun beberapa kali untuk buang air kecil. Itu pertanda ginjal berusaha singkirkan semua glukosa ekstra dalam darah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved