Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat di Cuaca Dingin, Cukup Pakai 6 Bahan Alami Ini

Ada beberapa cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan bawang merah, putih, madu hingga cuka apel

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
net
ILUSTRASI Pilek 

Tribunjogja.com - Dalam beberapa hari terakhir ini, cuaca dingin sangat terasa di wilayah Yogyakarta.

Bahkan suhu malam hari sempat mencapai 18 derajat celcius.

Cuaca dingin kerap menyebabkan pilek dan hidung tersumbat. Kondisi ini tentu sangat mengganggu karena bisa mengakibatkan sulit bernafas.

Ilustrasi influenza atau pilek
Ilustrasi influenza atau pilek (IST)

 

Untuk mengatasi hidung tersumbat ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda lakukan.  Hidung tersumbat umumnya disebabkan karena menumpuknya lendir di saluran pernapasan. Lendir tersebut muncul akibat terkena virus yang sehingga membuat flu atau pilek.

Saat hidung tersumbat, kondisi tersebut sangat membuat tidak nyaman apalagi menjelang tidur. Terkadang hidung tersumbat juga bisa membuat napas menjadi lebih sulit hingga menimbulkan pusing atau sakit kepala.

Umumnya hidung tersumbat terjadi karena adanya penumpukan lendir disaluran pernapasan. Namun, ternyata hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di area sinus. 

Terlepas dari itu, dilansir dari PhamrEasy ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

1. Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu bahan alami yang mampu mengatasi hidung tersumbat. Cobalah untuk mencium aroma bawang merah kuat tersebut selama beberapa menit sampai hidung tersumbat menjadi lebih baik. 

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved