DWP Kemenag DIY Akan Gelar Tes Deteksi Kanker Serviks dan Payudara Pada 10 Agustus 2022

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI akan mengadakan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Periksa Payudara Klinis (Sadanis)

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI akan mengadakan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Periksa Payudara Klinis (Sadanis) untuk deteksi dini kanker serviks dan payudara perempuan.

Agenda ini bakal dilaksanakan serentak pada Rabu (10/10/2022) mendatang tanpa dipungut biaya.

Menurut Penasehat DWP Kemenag RI, Eny Retno Yaqut, agena itu juga merupakan salah satu rangkaian acara dari DWP Kemenag RI dalam rangka memeringati Hari Kemerdekaan RI yang ke-77.

Eny mengatakan, kegiatan ini akan digelar bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI serta Dinas Kesehatan setempat baik di kantor wilayah maupun kabupaten kota. 

Baca juga: Kisah Di Balik Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022

"Kanker serviks dan payudara menjadi penyakit utama penyebab kematian di lingkungan ibu-ibu. Jadi tidak dalam rangka menakut-nakuti, tetapi justru menumbuhkan kesadaran kita bahwa diri kita berharga," tegas Eny dalam keterangan resmi, Selasa (19/7/2022).

Dengan begitu, perempuan sebaiknya tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Sebab, deteksi kanker adalah satu bentuk penghargaan dan penghormatan bagi diri sendiri. 

“Dengan memperhatikan kesehatan kita, Insya Allah kita pun juga akan mendapatkan rahmat sehat juga dari Allah," ujarnya.

Ketua DWP Kemenag DIY, Hj Supartini Masmin Afif mengatakan, kegiatan tersebut digelar di DWP Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag dan DWP Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan di seluruh Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved