Bunda, Yuk Catat Tips agar si Kecil Siap Menghadapi Sekolah Setelah Dua Tahun Pandemi

Orang tua tidak hanya menyiapkan berbagai kebutuhan sekolah, tetapi juga harus memperhatikan faktor kesiapan fisik dan psikologis si kecil.

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Joko Widiyarso
pixabay
Ilustrasi mengantar anak ke sekolah 

TRIBUNJOGJA.COM - Seiring bertambahnya usia dan perkembangan anak, terutama saat anak usia prasekolah yang berusia 3-5 tahun, berbagai persiapan mulai orang tua lakukan.

Salah satunya mempersiapkan anak untuk masuk sekolah, adapun hari pertama sekolah merupakan salah satu momen penting bagi orang tua dan anak.

Orang tua tidak hanya menyiapkan berbagai kebutuhan sekolah, tetapi juga harus memperhatikan faktor kesiapan fisik dan psikologis si kecil.

Ini dilakukan agar anak siap dan semangat dalam menjalankan sekolah tatap muka setelah dua tahun melewati pandemi.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Dian Permatasari, pemenuhan nutrisi seimbang sering menjadi tantangan. Padahal, nutrisi juga masuk sebagai persiapan anak masuk sekolah.
 
“Nutrisi yang tepat dan seimbang merupakan dasar kesiapan fisik anak untuk menerima stimulasi dan pendidikan di sekolah. Selain itu, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh anak juga sangat penting diperhatikan agar anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan optimal di sekolah,” katanya dikutip dari Tribunnews.com.

Maka dari itu, dia menilai, peran orang tua sangat penting dalam memastikan bahwa anak telah mendapat asupan nutrisi tepat dan seimbang dalam pola makan sehari-hari.

“Jangan hanya melihat dari porsi makanan yang dikonsumsi anak, tapi juga harus memperhatikan kualitas asupan nutrisinya,” tambahnya.
 
Selain memperhatikan menu makan dengan gizi seimbang, susu pertumbuhan bisa menjadi pilihan para ibu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil.

Sebab, asupan pada anak usia prasekolah yang tidak menyertakan susu sering kali tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, terutama terkait perkembangan kognitif anak.

Baca juga: UMY Masih Buka Pendaftaran Prodi Kedokteran 2022 Lewat SBMPTMu, Begini Caranya

“Orang tua harus bisa memastikan si kecil mendapat energi yang cukup dari bahan makanan sumber yang kaya akan karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, mereka juga membutuhkan nutrisi seperti Omega 3 (DHA), Omega 6, Zat besi, dan Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuhnya,” terangnya.

Salah satu susu bubuk yang cocok dikonsumsi adalah SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx, dengan IronC, DHA, Minyak ikan, Omega 3&6, tinggi kalsium & vitamin D, bantu dukung nutrisi lengkap si Kecil untuk siap belajar.

Dian melanjutkan, selain makan tiga kali sehari, si kecil juga butuh 2-3 kali camilan sehat.

“Saat sarapan dan pada jadwal selingan atau cemilan sehat, orang tua juga dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian si kecil dengan memberikan susu pertumbuhan terfortifikasi,” tambah Dian.
 
Selain mempersiapkan kebutuhan nutrisi anak, persiapan psikologis juga menjadi faktor penting sebelum anak memasuki jenjang pendidikan sekolah, terutama bagi anak usia prasekolah di masa kebiasaan baru.

Sebab, setelah berbulan-bulan tinggal di rumah karena pandemi, anak akan membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dan mulai berinteraksi dengan teman-teman sebayanya.
 
Psikolog Klinis Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, mengatakan, selain nutrisi yang seimbang, dalam mempersiapkan anak masuk sekolah, orang tua harus dapat membantu anak agar tidak canggung atau cemas saat melalui proses tersebut dengan memberikan persiapan dan motivasi kepada mereka.

Baca juga: Serunya Tanggapan Anak-Anak yang Sudah Menjalani PTM di Sekolah

“Orang tua bisa mengajarkan dan membiasakan anak di rumah melakukan protokol kesehatan yang dibutuhkan di sekolah. Selain itu, orang tua juga bisa meminimalisir rasa cemas mereka dengan langkah-langkah kecil seperti berkendara melewati sekolah, selalu sampaikan hal-hal positif tentang sekolah, dan berbelanja bersama untuk perlengkapan dan seragam sekolah,” jelasnya.
 
Agar anak tetap semangat dan aman bersekolah, Anna Surti Ariani atau yang akrab disapa Nina memberikan beberapa tips persiapan pada hari pertama masuk sekolah berikut:

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved