Travel

Rayakan Tahun Pertama, Edge Resort Yogyakarta Gelar Pentas Seni Budaya

Setidaknya ada 3 prinsip utama yang dikembangkan lewat Edge Resort Yogyakarta. Antara lain konservasi alam, budaya, dan pengembangan SDM

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Hari Susmayanti
Tribunjogja/Alexander Aprita
Farsijana Adeney Risakotta selaku komisaris PT Tebing Samudera (kiri) menyerahkan potongan tumpeng pada Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Mantara, Kamis (14/07/2022) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Edge Resort Yogyakarta yang berada di Kalurahan Giricahyo, Kapanewon Purwosari, Gunungkidul merayakan setahun berdirinya pada Kamis (14/07/2022).

Perayaan hari jadi yang ke -1 pun digelar meriah dengan pentas seni budaya.

Farsijana Adeney Risakotta, sebagai salah satu komisaris PT Tebing Samudera yang mengelola Edge Resort Yogyakarta, mengatakan pentas seni budaya sengaja dipilih sebagai puncak perayaan.

"Sebab ini sesuai dengan prinsip utama kami dalam mengembangkan Edge Resort," kata Farsijana.

Setidaknya ada 3 prinsip utama yang dikembangkan lewat Edge Resort Yogyakarta. Antara lain konservasi alam, budaya, dan pengembangan sumber daya manusia.

Farsijana juga mengatakan pihaknya sekaligus merayakan rumah istimewa yang ada di tengah resort, langsung menghadap laut selatan. Pasalnya, rumah tersebut sudah 200 tahun umurnya.

"Jadi rumah inilah yang jadi titik berangkat dari prinsip utama yang kami bangun," jelasnya.

Pentas seni budaya yang ditampilkan pun beragam. Mulai dari Karawitan, Sendratari, hingga Ketoprak. Sejumlah pejabat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul pun turut hadir dalam acara ini.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul, Agus Mantara mengatakan pihaknya sekaligus menyampaikan jika Giricahyo akan dijadikan Kalurahan Rintisan Budaya secara resmi.

"Rencananya Surat Keputusan (SK) akan diserahkan langsung oleh bupati pada 20 Juli mendatang," ungkap Agus.

Ia pun menilai pentas seni budaya yang digelar oleh Edge Resort Yogyakarta sebagai ekspresi seni masyarakat Giricahyo. Kalurahan ini pun dinilai memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan.

Lurah Giricahyo, Suparyana turut menyampaikan rasa syukurnya dengan penghargaan tersebut. Ia turut berharap Pemkab Gunungkidul terus memberikan dukungan untuk pengembangan Giricahyo ke depan.

"Sebab pengembangan lebih lanjut dibutuhkan agar masyarakat Giricahyo lebih sejahtera," kata Suparyana.(Tribunjogja)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved