Tips Kesehatan

Berperan Besar dalam Pengobatan Diabetes, Ini Daftar Sayuran Penurun Gula Darah Menurut Penelitian

Selain langkah pengobatan diabetes, ada beberapa makanan yang akan sangat membantu pasien menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
allrecipes.com/meredith
Sayur Okra - Okra termasuk jenis sayuran yang diklaim bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan berkhasiat untuk pengobatan diabetes 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes Mellitus (DM) dapat diketahui atau terdeteksi, salah satunya bila kondisi kadar gula darah tinggi. Lantas apa yang wajib dilakukan ketika terkena diabetes, Tips kesehatan dari Kementerian Kesehatan menyarankan beberapa langkah yang bisa dilakukan bila terkena penyakit diabetes

Pengobatan Intensif untuk pasien diabetes tak lain bertujuan untuk membuat gula darah menjadi atau mendekati normal.

Selain langkah pengobatan diabetes, ada beberapa makanan yang akan sangat membantu pasien menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Brokoli
Brokoli (Mizena)

Jenis makanan yang dimaksud, di antaranya adalah sayuran. Beberapa sayur diyakini membantu menurunkan gula darah.

Nah, berikut ini beberapa jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan gula darah berdasarkan hasil penelitian, mengutip Healthline:

1. Labu dan biji labu

Labu atau biji labu bermanfaat membantu menurunkan gula darah. Labu memiliki kandungan serat dan antioksidan, sehingga menjadi pilihan tepat untuk pengaturan gula darah.

Labu kerap digunakan untuk Pengobatan diabetes tradisional di banyak negara, antara lain Meksiko dan Iran.

Labu dikenal memiliki kandungan yang kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah dipelajari potensinya dalam mengatur gula darah.

Memang penelitian lanjut dibutuhkan untuk menentukan bagaimana labu utuh, seperti saat dipanggang atau dikukus, bisa bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

Untuk biji labu yang dikemas dengan lemak dan protein sehat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengontrol gula darah juga.

Studi pada 2018 terhadap 40 orang menemukan, mengonsumsi 2 ons atau 65 gram biji labu mengurangi gula darah pasca makan hingga 35 persen dibandingkan dengan kelompok kontrol.

2. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan sulforaphane, yakni jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved