Menghilangkan Bau Prengus

Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing Sekaligus Bikin Empuk

cara membuat daging lebih empuk dan tidak prengus Bungkus dengan Daun Pepaya. Diamkan selama semalaman di dalam lemari es.

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Iwan Al Khasni
WEDA / AFP
Pedagang Hewan Kurban memberi makan kepada Kambing Dagangan. 

Idul Adha 2022 akhirnya tiba pada Minggu 10 Juli 2022. Pada umumnya sebagian besar masyarakat akan mendapatkan jatah daging kurban pada saat Idul Adha.

Nah bagaimana mengolah daging kurban agar empuk dan tak bau prengus.

Berikut ini beberapa cara membuat daging lebih empuk dan tidak prengus dikutip dari berbagai sumber:

Bahan-bahan

Menghilangkan Bau Prengus

  • 1. Jangan cuci daging dengan air Kambing tergolong sebagai daging merah di mana, kita tidak boleh mencucinya dengan air. Sebab, hal ini bisa membuat daging kambing menjadi keras dan bau prengusnya terus menempel. Cukup bersihkan daging kambing dengan lap bersih atau tisu untuk menghilangkan kotoran di sekitarnya.
  • 2. Bungkus dengan Daun Pepaya Banyak yang mengatakan untuk menghilangkan bau prengus dan membuat daging lebih empuk. Cara yang satu ini adalah cara yang hampir diketahui oleh semua orang. Cara ini bisa kamu gunakan saat kamu tidak bisa mengubah potongan dagingmu menjadi lebih tipis. Rematkan beberapa daun pepaya. Kemudian bungkus dagingmu dengan daun pepaya yang sudah dirematkan tadi. Diamkan selama semalaman di dalam lemari es.
  • 3. Gunakan Baking Powder Selain membuat kue mengembang, baking powder ini juga bisa membuat daging lebih empuk loh. Caranya dengan, merendam daging selama semalaman dalam bumbu yang telah ditambahi dengan baking powder. Cara sederhana ini cocok untuk membuat daging lada hitam atau sate karena proses memasaknya cepat.
  • 3. Hilangkan bagian lemaknya Untuk mengurangi bau prengus, Anda bisa membuang bagian lemaknya terlebih dulu untuk mengurangi kadar kelembaban pada daging kambing.
  • 4. Marinasi dengan nanas Dikutip dari Kompas.com, daging kambing bisa dimarinasi dengan nanas untuk mengempukkan teksturnya. Buah nanas diketahui mengandung zat asam dalam jumlah tinggi yang dapat membuat daging menjadi empuk. Cukup siapkan daging yang sudah dibersihkan, haluskan nanas, lalu campur kedua bahan tersebut. Diamkan selama 30 menit.
  • 5. Netralkan dengan bawang putih Selain menghilangkan bagian lemaknya, Anda bisa menetralkan daging dengan bawang putih. Namun, jangan teralu memberikan bawang putihnya. Sebab, jika kebanyakan maka over bawang putih, rasanya jadi kacau.
  • 6. Campur dengan bawang bombai Untuk membuat daging empuk, Anda bisa menggunakan bawang bombai. Satu kilogram daging kambing setidaknya membutuhkan satu buah bawang bombai utuh agr bisa empuk.
  • 7. Mengubah Bentuk Potongan Daging Ini merupakan cara yang paling mudah untuk membuat daging empuk saat dimasak.

Langkah Pembuatan

  1. Cobalah untuk mengubah bentuk potongan daging menjadi ukuran yang lebih tipis atau lebih kecil.

    Kamu juga bisa mencincang daging tersebut supaya lebih cepat empuk.

     

    Daging yang dipotong dengan ukuran tipis dan kecil tentu lebih cepat matang dan empuk.

    Selain itu, bumbu juga dapat meresap ke daging dengan lebih cepat.

     

    Setelah membuat daging kambing tidak prengus dan empuk, Anda bisa mengolah daging tersebut menjadi sate yang siap disantap untuk suguhan di meja makan.

    ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved