Otomotif Gaspol 52

Honda N360 Tahun 1971, Kei Car Klasik Bermesin Sepeda Motor

Secara bentuk, Honda N360 langsung mengingatkan pada sebuah Morris Mini.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Joko Widiyarso

TRIBUNJOGJA.COM- Beragam fenomena penting nan berharga telah terjadi sepanjang sejarah umat manusia.

Namun, karena keterbatasan teknologi di setiap zaman, tidak semua fenomena tersebut bisa "terekam" secara sempurna.

Hal tersebut melatarbelakangi Rio Setia Monata (31), untuk menelusuri rekam jejak, mewarisi mimpi serta kegigihan Soichiro Honda melalui mahakaryanya di bidang otomotif. 

"Orang melihat kesuksesan saya hanya 1 persen. Tapi, mereka tidak melihat 99 persen kegagalan saya," quotes dari sang pendiri kerajaan otomotif, Honda, yang paling mengena bagi Rio.

Pria yang berprofesi sebagai dosen desain interior tersebut memiliki sederet Kai Car atau dalam bahasa Jepang disebut dengan Keijidosha yang merupakan kategori kendaraan kecil di Jepang terkhusus pabrikan Honda.

Satu di antaranya koleksinya ialah Honda N360 tahun 1971, sebuah mobil Kei Car Honda yang legendaris nan sarat historis.

"Kebetulan sebelumnya saya memiliki Honda Life SA360, satu di antara mobil yang diciptakan Soichiro Honda," terang Rio kepada Gaspol 52 Tribun Jogja.

"Lantas, saya telusuri historisnya dan ternyata ada Honda N360, yang mengusung mesin dari Honda CB350. Menarik bagi saya, mobil kecil atau city car tapi menggunakan mesin motor.

Lantas, Rio coba mengulik lebih dalam soal Honda N360 serta iseng untuk mencari melalui berbagai marketplace, namun hasilnya nihil. Hingga akhirnya, di Facebook ia menemukan seseorang yang memiliki Honda N360 akan tetapi tidak untuk dijual.

Iseng mengajukan tawaran, Rio sempat dibuat gigit jari lantaran harga yang diminta ternyata relatif tinggi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved