Penjelasan BMKG Kapan Fenomena Suhu Dingin di Yogyakarta Akan Berakhir

BMKG Yogyakarta menyebut fenomena suhu dingin di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya akan berlangsung sampai Agustus 2022 mendatang

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
dok.istimewa
Ilustrasi suhu udara dingin 

Tribunjogja.com - Belakangan ini, suhu dingin mulai dirasakan masyarakat di wilayah Yoyakarta. Suhu dingin sangat terasa di pagi dan malam hari.

Bahkan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  mencatat suhu terendah di Kota Yogyakarta tercatat mencapai 20 derajat celsius.

BMKG menjelaskan ada penyebab terjadinya suhu dingin di wilayah Yogyakarta yang diperkirakan berlangsung hingga Agustus 2022 mendatang.

ilustrasi
Ilustrasi suhu dingin (kompas.com)

Kepala Stasiun Klimatologi, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Reni Kraningtyas, menjelaskan suhu dingin yang melanda Kota Yogyakarta karena adanya pergerakan massa udara dari Australia.

Pergerakan massa dari Australia itu membawa massa udara dingin dan kering ke Asia melewati Indonesia yang dikenal dengan Monsoon Dingin Australia.

"Suhu minimum harian tanggal 20-30 Juni 2022 berkisar pada 20,4-23,6 derajat celcius. Suhu harian terendah 20,4 derajat celcius dengan kelembapan udara terukur 53 persen, pada tanggal 29 Juni 2022," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (30/6/2022).

Lanjut Reni, penyebab lainnya adalah tutupan awan relatif sedikit dan pantulan panas dari bumi yang diterima dari sinar matahari tidak tertahan oleh awan, sehingga langsung terbuang dan hilang ke angkasa.

Baca juga: Pakar UGM Jelaskan Fenomena Suhu Dingin yang Terjadi di Yogyakarta Beberapa Hari Terakhir

Ia menambahkan faktor lainnya adalah kandungan air di dalam tanah menipis, kandungan uap air di udara rendah, yang dibuktikan dengan rendahnya kelembaban udara.

"Diperkirakan kondisi ini sampai Agustus 2022," kata dia.

Dengan kondisi ini Reni mengimbau kepada masyarakat agar menjaga imunitas tubuh dengan cara mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Pada malam hari, gunakan pakaian atau selimut yang tebal serta menggunakan atau pelembap kulit.

Penyakit yang rawan muncul saat suhu dingin

Ilustrasi influenza atau pilek
Ilustrasi influenza atau pilek (IST)

Dikutip dari Kompas.com yang mengutip Mayo Clinic: Family Health Book terbitan Intisari, berikut adalah berbagai macam penyakit yang bisa dipicu oleh udara dingin:

1. Asma

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved