Breaking News:

Berita Bencana Alam

Analisis Pakar Gempa ITB Terkait Gempa Magnitudo 5,8 yang Mengguncang Mamuju

Getaran Gempa Bumi ini dilaporkan terasa hingga Kelurahan Tompotikka, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel)

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
Screeshot unggahan natews.bmkg.go.id
Unggahan informasi gempa bumi di Mamuju oleh BMKG 

TRIBUNJOGJA.COM - Gempa Bumi dengan berkekuatan M 5,8 mengguncang wilayah Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Rabu (8/6/2022) sekitar pukul 13.32 WITA atau 12.32 WIB.

Getaran Gempa Bumi ini dilaporkan terasa hingga Kelurahan Tompotikka, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang menyebabkan warga berlarian ke luar rumah.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa Mamuju memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,8.

Episenter Gempa Bumi terletak pada koordinat 2,77° LS; 118,56° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 26 km arah Barat Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 km.

Menurut Pakar Gempa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Irwan Meilano, Gempa Bumi yang bisa terasa ke wilayah lain sangat mungkin terjadi.

Ia menyampaikan Gempa Bumi bisa terasa di beberapa tempat, dan menghasilkan intensitas getaran yang rendah sampai moderate.

"Itu wajar karena magnitudonya pun mendekati 6, (yakni) 5,8," paparnya kepada Kompas.com, Rabu (8/6/2022).

Adapun berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Gempa Bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di lepas pantai Mamuju.

Dijelaskannya, mekanisme gempa di Mamuju kemungkinan dikarenakan pergerakan sesar geser.

"Kemungkinan besar strike-slip, tapi datanya harus dilihat lagi, kan ini baru banget dan gempanya tidak terlalu besar," ujar Irwan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved