Citizen Journalism

Selamat Jalan, Pendekar Bangsa Buya Syafii Maarif

Muslimin dan seluruh warga Indonesia merasa kehilangan atas kepulangan Buya Syafii Maarif ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Editor: Sigit Widya
Dok Beny Susanto
Beny Susanto (kanan) bersama almarhum Buya Syafii Maarif. 

KH Beny Susanto, SAg, MSi

Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan

Wakil Katib Syuriah PWNU DIY

TIDAK hanya keluarga, Maarif Institute, dan perserikatan besar Muhammadiyah yang merasa kehilangan atas wafatnya almarhum almaghfurlah Buya Syafii Maarif (Prof Dr H Syafii Maarif, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah) pada Jumat, 27 Mei 2022, di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Muslimin dan seluruh warga Indonesia merasa kehilangan atas kepulangan Buya Syafii Maarif ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Keluarga besar Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Gesikan, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, sebagai bagian kecil dari organisasi kemasyarakatan Islam terbesar dunia dengan akidah Aswaja An-Nahdliyah hanya bisa mengucapkan “Selamat jalan, Pendekar Bangsa Buya Syafii Maarif”.

Kami bersaksi bahwa Buya Syafii Maarif bukan saja guru, tetapi pendekar bangsa, yang tak pernah lelah melawan terorisme, sparatisme, dan radikalisme.

Tak hanya menebar ilmu pengetahuan melalui bangku kuliah, sungguh jejak almarhum menyemai benih kemanusiaan, keislaman, keindonesiaan, toleransi, keadilan, dan cinta kasih tidak pernah terhapuskan.

Allah SWT berkehendak memanggilnya pada hari mulia, sayyidul ayyam, dan disalatkan oleh ribuan umat di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI yang terus dibela, dengan berkemajuan sampai akhir hayat, akan diteruskan para tunas bangsa.

Pemikiran, sikap, dan tindakannya yang menghidupi anak-anak bangsa akan terus tumbuh, menjadi jariah yang menggembirakan dan membahagiakan.

Bangsa dan negara Indonesia yakin bahwa warisan pemikiran besar para pemimpin bangsa merupakan berkah dan rahmat Allah SWT akan terus dirawat serta disyukuri.

Sependek yang diketahui, kesederhanaan dan loyalitas Buya Syafii Maarif terhadap perserikatan dan bangsa merupakan teladan yang amat berharga.

Selamat jalan, Pendekar Bangsa Buya Syafii Maarif...

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved