Ini Sanksi yang Diberikan Kepada Oknum yang Paksa Wisatawan Sewa Jip ke Bunker Kaliadem Sleman

Kepolisian Sektor bersama Pemerintah Kapanewon Cangkringan bergerak cepat menindaklanjuti keluhan wisatawan yang mengaku diberhentikan supaya parkir

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Sleman 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kepolisian Sektor bersama Pemerintah Kapanewon Cangkringan bergerak cepat menindaklanjuti keluhan wisatawan yang mengaku diberhentikan supaya parkir dan dipaksa naik jip saat hendak menuju Bunker Kaliadem di Kabupaten Sleman pada Kamis (26/5/2022).

Setelah ditelusuri, peristiwa itu terjadi di Ngrangkah, Pengukrejo, Umbulharjo. Oknum parkir di tempat tersebut, yang memaksa wisatawan, saat ini telah dijatuhi sanksi. 

"Sanksinya agar yang bersangkutan tidak diperbolehkan untuk jadi jukir (juru parkir). Selamanya," kata Panewu Cangkringan, Jaka Sumarsana, Jumat (27/5/2022). 

Jaka menilai, aksi oknum tersebut sudah meresahkan. Jika dibiarkan terus berulang dikhawatirkan bisa merusak citra pariwisata di Kapanewon Cangkringan, maupun di Kabupaten Sleman.

Baca juga: MotoGP Italia Hari Ini: Pecco dan Bastianini Bersaing, Marc Marquez dan Quartararo Melempem di FP1

Karena itu, pihaknya bersama instansi terkait segara menindaklanjuti aduan dari wisatawan dengan melakukan pemanggilan dan meminta keterangan yang bersangkutan. 

Menurut dia, Oknum tersebut ternyata tidak bisa membaca dan menulis. Aksi pemaksaan itu telah berulang kali dilakukan dengan sasaran wisatawan yang hendak berkunjung ke Petilasan Mbah Maridjan maupun ke Bunker Kaliadem .

Modusnya, dengan memberhentikan wisatawan supaya parkir di Ngrangkah, Umbulharjo, di mana lokasi itu dia sendiri yang menjaga parkir .

Harapannya agar tempat parkirnya ramai. Padahal lokasi parkir itu dengan destinasi wisata jaraknya jauh.

Bagi wisatawan yang telah parkir dan ingin melanjutkan perjalanan dipaksa naik jip supaya dirinya bisa mendapatkan fee. 

Oknum tersebut memiliki anak yang sekarang diminta menggantikan bapaknya menjaga parkir di lokasi tersebut. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved