Saatnya Mendorong Percepatan Program Hilirisasi Batubara

Kondisi geopolitik global mendorong terjadinya peningkatan harga komoditas batubara, bahkan menjadi sejarah baru dalam harga batubara.

Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Dosen Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral Institut Teknologi Nasional Yogyakarta Dr. Supandi, S.T., M.T. 

Dr. Supandi, S.T., M.T.
Dosen Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral
Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Kondisi geopolitik global mendorong terjadinya peningkatan harga komoditas batubara, bahkan menjadi sejarah baru dalam harga batubara.

Dampak harga ini juga sangat dirasakan bagi industri pertambangan batubara yang ada di Indonesia.

Peningkatan harga batubara ini telah memberikan dampak yang signifikan terhadap geliat industri batubara, peningkatan cadangan batubara dan juga pendapatan negara dari royalti maupun PNBP.

Batubara merupakan hasil tambang yang tidak terbarukan dan suatu saat akan habis sehingga memanfaatkan batubara seoptimal mungkin perlu dilakukan untuk memberikan maanfaat lebih besar lagi bagi kehidupan, masyarakat dan negara, khususnya bangsa Indonesia.

Selama ini batubara dijual dalam bentuk murni batubara sehingga saat ini sudah waktunya kita mendorong road map untuk hilirisasi batubara.

Peningkatan harga batubara saat ini harus dimafaatkan sebagai momentum untuk mendorong peningkatan nilai tambah batubara.

Peningakatan harga minyak dunia juga mendorong untuk hilirisasi Batubara sebuah kesempatan yang menarik.

Hilirisasi batubara dilakukan dengan mengubah batubara menjadi produk turunannya, misalkan menjadi pupuk, methanol atau produk produk lainnya.

Industri-industri ini sudah banyak dikembangkan di luar negeri dan sudah saatnya di bawa masuk ke Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved