ASN Digantikan Robot ? Widya Analytic Punya Solusinya !

Seiring perkembangan zaman, perlu adanya perubahan dalam berbagai lini kehidupan, salah satunya dalam ranah digital

ist
Ilustrasi: ASN Digantikan Robot 

TRIBUNJOGJA.COM - Seiring perkembangan zaman, perlu adanya perubahan dalam berbagai lini kehidupan, salah satunya dalam ranah digital.

Perubahan di bidang digital disebut juga dengan transformasi digital.

Dilansir dari website Widya Analytic, transformasi digital merupakan perubahan suatu perusahaan atau organisasi melalui adopsi teknologi serta pengembangan kompetensi SDM untuk meningkatkan kinerja dalam rangka mewujudkan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) dan pembangunan Smart City.

Senada dengan hal tersebut, saat meluncurkan program Konektivitas Digital 2021 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/02/2021), Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa transformasi digital merupakan solusi cepat dan strategis untuk membawa Indonesia menuju masa depan.

Menurut Presiden Republik Indonesia tersebut, transformasi digital dalam implementasinya harus mewujudkan kedaulatan dan kemandirian digital yang merupakan prinsip penting transformasi digital Indonesia. Itulah alasannya mengapa saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mempercepat transformasi digital.

Transformasi digital berguna untuk meningkatkan kinerja sebuah instansi maupun individu sehingga membuat jalannya operasional lebih efektif dan efisien.

Tak hanya itu, transformasi digital juga dapat memproteksi data dengan lebih baik, memudahkan instansi untuk mendapatkan insight yang lebih kredibel, mengoptimalkan investasi, serta mempermudah kolaborasi antar karyawan sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Melihat dari banyaknya manfaat transformasi digital tersebut, layanan pemerintahan nantinya akan dilaksanakan dengan menggunakan IT dan digitalisasi.

Ke depannya, pekerjaan ASN yang bersifat administratif, rutinitas, dan repetitif bisa tergantikan oleh teknologi seperti robot AI.

Menurut Jokowi, hal ini dilakukan agar birokrasi menjadi semakin mudah dan tidak bertele-tele.

Widya Analytic
Widya Analytic (ist)

Namun, ASN yang berkualitas memadai tidak akan tergantikan dengan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang menggunakan mesin robot.

Lantas, untuk mengikuti arus transformasi digital, apa yang harus kita lakukan? Kita bisa mempersiapkan dua hal penting.

Pertama, mempersiapkan SDM yang berkualitas dan memadai agar mempunyai kemampuan lainnya yang tidak dapat tergantikan oleh robot. Kedua, mulai ciptakan alur dan sistem dari sekarang.

Sistem dan alur ini akan membantu ketika transformasi tersebut dipercepat agar kita tidak gagap dan dapat menyikapinya dengan santai.

Oleh karena itu, Widya Analytic menghadirkan Toba Labs sebagai solusi dalam membantu transformasi digital tersebut.

Toba Labs merupakan layanan konsultasi IT dan pelatihan transformasi digital mengenai TIK, SPBE, dan Smart City.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fasilitas konsultasi dan perencanaan IT, serta solusi penerapan transformasi digital dengan SDM digital dari Toba Labs, dapat langsung mengunjungi widyaanalytic.com maupun nomor kontak 62 851-7160-9661 atau email bisnis@widyaanalytic.com.

Mari menjadi bagian untuk mewujudkan transformasi digital bersama Toba Labs dari Widya Analytic. (*/rls/adv)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved