Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Halim Sebut Program TMMD Dukung Gerak Ekonomi Masyarakat Bantul

Bupati Halim pun membuka secara resmi program ini di Pelataran Diorama, Kompleks Obyek Wisata Goa Selarong, Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul

Penulis: Agus Wahyu | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM/AGUS WAHYU
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meninjau langsung pembangunan corblok dalam program TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 di Dusun Watugedug, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Rabu (11/5/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan dukungan penuh atas program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 yang dilaksanakan di Dusun Watugedug, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan.

Bupati Halim pun membuka secara resmi program ini di Pelataran Diorama, Kompleks Obyek Wisata Goa Selarong, Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul, Rabu (11/5/2022).

Halim menyebut, program TMMD Sengkuyung ini merupakan sinergitas antara TNI, pemerintah kabupaten, dan masyarakat.

Kegiatan ini mengakomodasi aspirasi masyarakat, terutama pembangunan infrastruktur di wilayah pedesaan dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dimiliki masyarakat.

“TMMD ini menjaga dan memperkuat, serta menumbuhkan kearifan lokal, yakni gotong royong sebagai saripati nilai-nilai ke-Indonesiaan. Selain itu, esensi kultur ketimuran berkat TMMD dapat terjaga dengan baik,” papar Halim saat memberikan sambutan pembukaan.

Halim menyatakan, pelaksanaan program TMMD Sengkuyung di kawasan Gua Selarong memberikan multiefek bagi pemulihan ekonomi masyarakat setelah dihantam pandemi selama dua tahun.

Program itu, kata Halim, mendukung keberadaan obyek wisata Gua Selarong.

“TMMD ini membangun jalan corblok sepanjang 825 meter akses menuju Gua Selarong. Tentu ini pasti akan mendukung gerak ekonomi masyarakat. Sekaligus mempercantik kawasan Gua Selarong ini,” lanjut Bupati Bantul.

Baca juga: Bupati Bantul Usulkan Solusi Penanganan Sampah TPST Piyungan

“Kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan TMMD, kita berharap kegiatan ini dapat membangun optimisme dan ketahanan diri dalam menghadapi tantangan. Sebab, program TMMD ini dapat meneguhkan semangat kebersamaan di tengah masyarakat untuk bersama mengelola sumberdaya dan potensi desa agar semakin maju dan mandiri,” sambung Halim.

Komandan Kodim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan mengakui, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten terkait prioritas pelaksanaan lokasi program TMMD Sengkuyung Tahap I ini.

“Sama dikatakan Pak Bupati, akhirnya dipilihnya kawasan Gua Selarong ini, selain sebagai obyek wisata, juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat, misalnya dengan UMKM. Harapannya dengan dibangunnya infrastruktur membantu percepatan akses perputaran ekonomi masyarakat,” ujar Letkol Inf Agus Indra.

Dijelaskan, sasaran fisik yang akan dibangun pada TMMD kali ini adalah pembuatan corblok jalan sepanjang total 825 meter di tiga titik dan pembangunan satu rumah tidak layak huni (RTLH) milik Teguh Hidayat, warga Dusun Watugedug RT 001, Guwosari, Pajangan.

Sementara sasaran non-fisiknya berupa pelatihan bela negara, kamtibmas, penanggulangan Covid-19, stunting, posyandu, posbindu, dan penyuluhan pokdarwis.

Rangkaian kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 diperkirakan akan rampung pada minggu kedua Juni mendatang dengan melibatkan kurang lebih 115 orang dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Linmas, Tagana, serta masyarakat.

“Pembangunan dengan nilai anggaran Rp370 juta ini disokong APBD Provinsi, APBD Bantul, APBKal, dan swadaya masyarakat. (Tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved