PascaLibur Lebaran, Penumpang di Bandara YIA Kulonprogo Masih Berkisar di Atas 10 Ribu

Lonjakan penumpang di Bandara YIA disebabkan karena hampir seluruh masyarakat menggunakan kesempatan untuk mudik ke kampung halamannya

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Suasana di area check in di Bandara YIA, Kabupaten Kulon Progo, Senin (9/5/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Puluhan ribu penumpang masih memadati Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo pascalibur Lebaran, tepatnya pada Senin (9/5/2022) ini. 

Diprediksi tren arus balik lebaran masih berlangsung hingga Rabu (11/5/2022) besok. 

"YIA per hari ini masih mencatat arus balik di atas 10 ribu tepatnya 10.420 penumpang dengan pergerakan 64 pesawat," kata PTS General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama, Senin (9/5/2022). 

Lonjakan penumpang di YIA disebabkan karena hampir seluruh masyarakat menggunakan kesempatan untuk mudik ke kampung halamannya masing-masing. 

Selain itu, pemerintah menyarankan untuk arus balik dibagi. Bahkan aparatur sipil negara (ASN) disarankan untuk work from home (wfh).

Sehingga masyarakat yang balik ke masing-masing daerah tidak di hari yang sama. 

"Saya prediksi di minggu ini masih berlanjut hingga Rabu (11/5/2022) besok. Kira-kira masih di atas 10 ribu penumpang," ucapnya. 

Untuk mengakomodir para pemudik yang menggunakan transportasi udara, pelayanan extra flight di Bandara YIA berlangsung sampai dengan 10 Mei 2022 mendatang. 

Dikarenakan permintaan dari masyarakat yang menggunakan pesawat masih cukup tinggi.

Diberitakan sebelumnya, puncak arus balik Lebaran di YIA pada Minggu (8/5/2022) kemarin tercatat sebanyak 12.300 penumpang.

Bahkan PT Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara mengklaim capaian ini tertinggi sejak Bandara YIA beroperasional. (*) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved