Lebaran 2022

800 Jip Merapi Beroperasi Lebih dari 3 Kali Sehari Selama Libur Lebaran

Setelah dua tahun tidak beroperasi karena pandemi COVID-19, tahun ini Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) kembali beroperasi. 

Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Deretan Jip Wisata Merapi di Wisata Tlogo Putri, Kaliurang 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Lava tour Merapi menjadi wisata yang banyak diminati wisatawan selama libur Idulfitri atau Lebaran. 

Setelah dua tahun tidak beroperasi karena pandemi COVID-19, tahun ini Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) kembali beroperasi. 

Ketua AJWLM sisi barat, Dardiri mengatakan lonjakan wisatawan terpantau mulai H+1 Idulfitri. Seluruh jip yang ada di sisi barat beroperasi, bahkan lebih dari kali beroperasi.

"Armada ada 800, selama libur Idulfitri ini kami bersyukur karena minat wisatawan sangat bagus. Dari 800 armada yang ada semuanya beroperasi, bahkan jalan 3 sampai 4 kali,"katanya, Kamis (05/05/2022).

Selama beroperasi pengelola jeep memastikan wisatawan mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker. 

Salah satu jip Lava Tour yang beraksi di Kali Kuning, Sleman, Rabu (20/06/2018)
Salah satu jip Lava Tour yang beraksi di Kali Kuning, Sleman, Rabu (20/06/2018) (Tribun Jogja/ Alexander Ermando)

"Karena kan kita harus berdampingan dengan COVID-19, sehingga protokol kesehatan juga harus dipatuhi. Selama ini wisatawan tetap memakai masker. Semua pemandu juga sudah vaksin booster," sambungnya.

Ia mengungkapkan wisatawan yang menikmati lava tour datang dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan, Sulawesi, Cirebon, Jakarta, Bandung, Sumatera, dan lain-lain. 

Kebanyakan wisatawan memilih paket medium. Namun yang paling diminati wisatawan adalah saat manuver di Kali Kuning. 

"Ada paket mini sampai long trip, kebanyakan milih yang medium. Yang paling seneng itu kalau manuver di Kali Kuning, karena basah-basahan," ungkapnya.  
 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved