Ramadan 2022

KAPAN Idulfitri? Jangan Lewatkan Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1443 H di TVRI

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat Idulfitri 1 Syawal 1443 H hari ini, Minggu (1/5/2022).

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Joko Widiyarso
via tribunnews.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Hari Raya Idulfitri menjadi hari yang paling dinanti-nantikan oleh umat Muslim, setelah berpuasa 30 hari atau sebulan ini.

Lalu jatuh tanggal berapa Hari Raya Idulfitri ini?

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat Idulfitri 1 Syawal 1443 H hari ini, Minggu (1/5/2022).

Melalui hasil sidang isbat tersebut, umat Muslim akan mengetahui Lebaran 2022 akan jatuh pada 2 atau 3 Mei 2022.

Rencananya, sidang isbat digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kemenag RI, Jalan MH. Thamrin, Nomor 6 Jakarta pada Minggu (1/5/2022) mulai pukul 17.00 WIB.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam Kemenag melalui unggahan di akun Instagram resminya, @bimasislam, merilis rangkaian kegiatan pada sidang isbat penetapan 1 Syawal 1443 H.

Dilansir Tribunjogja.com dari Tribunnews, Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 M atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H. 

“Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat," ucapnya.

Pelaksanaan sidang Isbat diawali penjelasan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Dilanjutkan, informasi hasil rukyatul hilal yang digelar di 99 titik di seluruh Indonesia.

Nantinya, penetapan awal Syawal 1443 H dengan mempertimbangkan hasil hisab dan hasil rukyat, serta masukan dari peserta sidang.

Adapun konferensi pers pengumuman 1 Syawal 1443 H ini akan disiarkan melalui media sosial Kemenag dan siaran TVRI sebagai TV Pool mulai pukul 19.15 WIB.

“Sidang akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring. Sebagian peserta hadir di lokasi acara, sebagian mengikuti secara online melalui zoom meeting,” ucap Kamaruddin. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved