Perluas Jaringan Pemasaran, BPD DIY Buka Peluang Pelaku UMKM jadi Agen BPD DIY

Sebagai informasi, hingga akhir triwulan 1 tahun 2022 ini, Agen BPD DIY di Kabupaten Kulon Progo sudah mencapai 70 agen.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
BPD DIY menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi menjadi agen referral atau agen penerima pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE) bagi pelaku UMKM di Kulon Progo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Para agen layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) Bank BPD DIY Cabang Wates mendapatkan sosialisasi dan diedukasi menjadi agen referral atau agen penerima pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE).

Kegiatan sosialisasi dan edukasi Agen BPD DIY tersebut dilaksanakan di Gubug Makan Iwak Kalen Banyu
Bening (Agen area utara) dan Resto Bukit Cubung (Agen area selatan) pada 25-26 April 2022 lalu.

Pemimpin Bank BPD DIY Cabang Wates Suroso mengatakan setelah ditunjuk sebagai salah satu bank penyalur kredit usaha rakyat (KUR), Bank BPD DIY terus berinovasi dengan menambah jenis layanan khususnya terkait penyaluran kredit dengan menambah jaringan pemasaran melalui Agen BPD DIY.

“Mulai awal tahun ini, di Triwulan I, kami akan implementasi Agen BPD DIY menjadi agen referral bagi nasabah yang ingin mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE),"katanya dalam rilis yang diterima Tribunjogja.com.

Sebagai informasi, hingga akhir triwulan 1 tahun 2022 ini, Agen BPD DIY di Kabupaten Kulon Progo sudah mencapai 70 agen.

Agen BPD DIY tersebut memiliki fungsi dasar untuk melayani pembukaan rekening tabungan berkarakteristik basic saving account, penarikan dan penyetoran tunai, transfer antar rekening dan antar bank, informasi saldo, pembelian pulsa
dan pembayaran tagihan seperti PBB, retribusi, pajak daerah, PDAM, ticketing, BPJS dan lainnya.

Lebih lanjut, kata Suroso, Bank BPD DIY masih membuka peluang bagi pelaku UMKM, baik perorangan maupun lembaga untuk menjadi Agen BPD.

Baca juga: BPD DIY Dukung Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di DI Yogyakarta Melalui Desa Digital

 “Kami membuka peluang sebesar-besarnya bagi pelaku UMKM baik perorangan atau lembaga/badan untuk bekerja sama menjadi Agen BPD DIY,"ungkapnya.

Menurut Suroso, semakin banyak agen yang dimiliki, akan semakin banyak pula jaringan layanan keuangan tanpa kantor yang dapat diakses masyarakat.

Dan hal ini diharapkan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang positif khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi daerah
saat ini.

Adapun, untuk memutuskan diterima tidaknya pengajuan kredit oleh calon debitur, tetap dikerjakan di kantor Bank BPD DIY dan sebagai kontraprestasi dari kerjasama tersebut, Bank BPD DIY akan memberikan insentif kepada agen sehingga simbiosis mutualisme yang terjalin akan semakin baik. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved