Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Tingkatkan Kesejahteraan Warga Bantul, Bupati Abdul Halim Serahkan BPJS Ketenagakerjaan

Adapun komitmen tersebut salah satunya diwujudkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dengan mengikutsertakan warganya dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Penulis: DNA | Editor: APS
Dok. Humas Pemkab Bantul
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat menghadiri penyerahan jaminan kematian (JK) kepada tiga ahli waris pegawai pemerintah non-ASN dari BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta di Ruang Kerja Bupati, Jumat (1/4/2022). 

TRIBUNJOGJA.comBupati Bantul Abdul Halim Muslih terus berkomitmen memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat di wilayahnya.

Adapun komitmen tersebut salah satunya diwujudkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dengan mengikutsertakan warganya dalam layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Layanan ini khususnya diberikan kepada pegawai pemerintah non-aparatur sipil negara (ASN). Kami berharap adanya BPJS Ketenagakerjaan dapat membuat kesejahteraan masyarakat terus meningkat dari tahun ke tahun,” ujar Bupati Abdul Halim dalam siaran pers yang diterima Tribunjogja.com, Selasa (5/4/2022).

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menyerahkan jaminan kematian (JK) kepada tiga ahli waris pegawai pemerintah non- ASN dari BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta di Ruang Kerja Bupati, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Ajak Masyarakat Rawat Toleransi, Bupati Bantul: Tidak Perlu Permasalahkan Warung yang Buka

Nominal jaminan kematian yang berjumlah Rp 42 juta itu masing-masing diberikan kepada ahli waris Almarhum (Alm) Parjono dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Alm Muhammad Sumadi dari Kelurahan Girirejo, serta relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul Alm Wisnu Aditya Wardhana.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat menyerahkan jaminan kematian kepada tiga ahli waris pegawai pemerintah non- ASN dari BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta di Ruang Kerja Bupati, Jumat (1/4/2022).
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat menyerahkan jaminan kematian kepada tiga ahli waris pegawai pemerintah non- ASN dari BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta di Ruang Kerja Bupati, Jumat (1/4/2022). (Dok. Humas Pemkab Bantul)

Tak hanya JK, BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta juga menjanjikan pemberian beasiswa pendidikan kepada ahli waris yang masih mengenyam pendidikan sejak jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta Teguh Wiyono mengatakan, pihaknya akan memberikan beasiswa dalam rentang waktu lima tahun.

"Tidak ada seleksi tertentu. Beasiswa akan diberikan sesuai jenjang pendidikannya," imbuhnya.

Baca juga: Bupati Bantul Pastikan Ketersediaan Minyak Goreng dan Kebutuhan Pokok Selama Ramadhan

Dalam agenda tersebut, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) kepada dua karyawan terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK), yaitu Muhammad Asfanudin dan Ani Astuti.

JKP merupakan program teranyar dari BPJS Ketenagakerjaan. Selama enam bulan ke depan, badan hukum publik ini akan memberikan jaminan sejumlah Rp 4 juta secara bertahap kepada penerima JKP.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved