Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Booster Jadi Syarat Mudik, Minat Warga DI Yogyakarta untuk Vaksinasi Booster Masih Rendah

Masyarakat diizinkan mudik Lebaran jika telah menjalani vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster. Seiring dengan kebijakan tersebut,

dok.istimewa
ilustrasi : vaksin booster 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masyarakat diizinkan mudik Lebaran jika telah menjalani vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster.

Seiring dengan kebijakan tersebut, hingga saat ini belum ada peningkatan minat vaksin booster di wilayah DI Yogyakarta .

Kendati demikian, Pemda DIY tetap melakukan persiapan untuk menghadapi potensi kenaikan minat vaksin.

Yakni dengan mengoptimalkan sentra pelayanan vaksinasi di lima kabupaten/kota.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Buka Opsi Gulirkan Kembali PTM 100 Persen 

"Saat ini booster memang agak sedikit ada perlambatan karena kebijakannya kan baru kemarin. Nah dengan adanya kebijakan yang disampaikan presiden, itu kita harus antisipasi di daerah. Sentra-sentra vaksin yang selama ini kurang banyak dikunjungi kita harus sudah siap," jelas Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi Covid-19 di DIY, Sumadi, Jumat (25/3/2022).

Sumadi menjelaskan, sentra pelayanan itu tersebar di seluruh Puskesmas yang ada di DIY serta sejumlah RS.

Di antaranya RS Akademik UGM, RS Grhasia, dan RS Respira di Sleman.

Sedangkan Pemda DIY juga mengadakan sentra pelayanan vaksin di halaman Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY.

Dia melanjutkan, pihaknya belum berencana untuk menambah jumlah sentra vaksin lantaran saat ini dianggap masih mencukupi.

Begitu pula dengan ketersediaan vaksin Covid-19 di daerah.

Dalam rapat koordinasi yang digelar secara daring, Kementerian Kesehatan memastikan persediaan vaksin Covid-19 di dalam negeri memadai, termasuk jika pemerintah melakukan peningkatan pemberian vaksinasi booster bagi para pemudik sebelum mereka melakukan perjalanan pulang kampung.

"Kita sudah menyiapkan sentra-sentra yang ada. Karena tidak seluruh penduduk akan mudik kan. Dengan sentra yang ada saya kira masih bisa kita akomodir. Stok vaksin juga masih ada," terangnya.

Baca juga: Boyong 22 Pemain, Mataram Utama FC Targetkan Melaju ke Final Liga 3 Nasional

Jika sentra itu berjalan optimal, Sumadi memperkirakan bakal ada 700 ribu orang yang telah menerima booster sebelum libur Lebaran tiba.

Sebanyak 700 ribu orang tersebut setara dengan 25 persen dari total sasaran vaksinasi di DIY yang berjumlah sekitar 2,8 juta orang.

"Estimasi kita paling banyak penduduk DIY yang melakukan booster itu sekitar 25 persen dari total sasaran. Itu perkiraan kami," jelasnya. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved