Breaking News:

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Pemkab Bantul Komitmen Turunkan Angka Stunting, Bupati Abdul Halim Terima 3 Penghargaan dari BKKBN

Salah satu penghargaan tersebut ditujukan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2K) Kabupaten Bantul.

Penulis: MGWR | Editor: MGWR
Dok : Tribun Jogja / Pemkab Bantul
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dalam acara Rapat Kerja Daerah Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) DIY Tahun 2022, di Eastparc Hotel Yogyakarta, Jalan Laksda Adisutjipto KM, 6 Yogyakarta, Kamis (10/3/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Satu dari tiga penghargaan tersebut ditujukan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AP2K) Kabupaten Bantul.  Penghargaan diberikan atas capaian realisasi tertinggi untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

"Hari ini kita memperoleh penghargaan tentang penyerapan Dana Alokasi Khusus bagi Kabupaten Bantul. Di mana Bantul telah melaksanakan program itu, dan dapat menyerap anggaran lebih dari 90 persen dan diterapkan sebagai daerah dengan penyerapan anggaran dan komitmen untuk menyukseskan program anti stunting ini dipandang baik dan tertinggi, " kata Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih.

Bupati Bantul Abdul Hali mengatakan itu usai menerima ketiga penghargaan tersebut dari Kepala BKKBN DIY Shodiqin dalam acara Rapat Kerja Daerah Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) DIY Tahun 2022, di Eastparc Hotel Yogyakarta, Jalan Laksda Adisutjipto KM, 6 Yogyakarta, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Permudah Layanan Administrasi, Bupati Bantul Tandatangani MoU dengan RS PKU Muhammadiyah Gamping

Bupati Abdul Halim Muslih menyebutkan bahwa Kabupaten Bantul sudah ditetapkan sebagai fokus penanganan atau penanggulangan stunting nasional.

Oleh sebab itu, Pemkab Bantul telah melakukan berbagai upaya, termasuk memanfaatkan anggaran dengan baik dan cepat sehingga target kinerja penanggulangan stunting tercapai.

"Tidak ditunda-ditunda, dan anggaran dimanfaatkan seefisien mungkin, seefektif mungkin. Karena itulah, Bantul memperoleh penghargaan sebagai daerah yang penyerapan anggaran itu baik dan cepat, " jelasnya dalam keterangan persnya, Kamis.

Adapun dua penghargaan lain yang diterima Pemkab Bantul ditujukan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantul.

Penghargaan itu diberikan karena dinas tersebut mampu melakukan Pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tercepat dan Terlengkap Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kemudian penghargaan ketiga diberikan kepada Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, selaku kepala daerah. Penghargaan ini diberikan atas komitmen dan dukungannya terhadap pelaksanaan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana di Kabupaten Bantul tahun 2021.

Bupati Abdul Halim menuturkan, Pemkab Bantul memang memiliki komitmen untuk menurunkan angka kasus stunting dengan berbagai cara.

Baca juga: Bupati Bantul Ikut Rangkaian Labuhan Alit yang Diselenggarakan Keraton Yogyakarta

Pasalnya, lanjut dia, jika stunting terus berkembang, maka Kabupaten Bantul akan mendapatkan generasi penerus yang tidak sehat dan tidak unggul di masa depan.

Kasus stunting, kata Bupati Abdul Halim, harus diperangi bersama sehingga diperlukan dukungan serta komitmen dari seluruh warga Bantul.

"Melalui apa, melalui berbagai kegiatan. Di bidang kesehatan, di bidang lingkungan lingkungan hidup, dan perhatian yang memadai, bagi ibu-ibu yang hamil, juga sebelum calon pengantin melakukan akad nikah," jelasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved