Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

Libur Panjang, Jumlah Kunjungan di Candi Borobudur Alami Peningkatan

Jumlah kunjungan di taman wisata Candi Borobudur , Kabupaten Magelang , Jawa Tengah mengalami peningkatan pada Libur Panjang bertepatan pada perayaan

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Ramai, suasana kunjungan di Taman Wisata Candi Borobudur pada libur panjang Isra Miraj, Senin (28/02/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja,Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Jumlah kunjungan di taman wisata Candi Borobudur , Kabupaten Magelang , Jawa Tengah mengalami peningkatan pada Libur Panjang bertepatan pada perayaan Isra Miraj , Senin (28/02/2022).

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) Aryono Hendro Malyanto mengatakan, peningkatan pengunjung mulai naik pada Jumat (25/02/2022) sebanyak 2.050 orang.

"Kemudian, pada Sabtu (26/02/2022) meningkat menjadi 5.300 orang. Lalu, Minggu (27/02/2022) naik signifikan sebanyak 8.500 orang. Untuk hari ini, belum kami ketahui, namun nampaknya puncak kunjungan terjadi pada hari kemarin (Minggu).  Karena biasanya jumlah kunjungan maksimal di angka 5.500 saja," ucapnya pada Tribun Jogja , Senin (28/02/2022).

Baca juga: Menikmati Wajah Baru Malioboro Kota Yogyakarta, Wisatawan: Lebih Rapi dan Indah 

Pada libur kali ini, tambahnya, pengunjung didominasi dari kalangan keluarga dan gathering pabrik atau perusahaan. Pengunjung kebanyakan berasal dari wilayah Jawa Tengah.

"Lebih banyak dari keluarga dan rombongan pabrik karena libur panjang juga. Kalau, asal pengunjung terlihat masih kebanyakan dari wilayah Jawa Tengah. Meskipun, kunjungan dari luar daerah seperti Jawa Timur dan Jawa Barat, tetap ada," terangnya.

Pihaknya pun, mewajibkan bagi pengunjung yang diperbolehkan masuk harus mendapatkan vaksin lengkap.

Untuk anak-anak termasuk berusia di bawah umur 12 tahun , minimal sudah mendapatkan suntikan  vaksin dosis pertama. Jadi, pengunjung diwajibkan menunjukkan aplikasi PeduliLindungi atau kartu vaksin.

"Kami keluarkan kebijakan baru  yakni wajib vaksin bagi pengunjung. Jika, sebelumnya anak di bawah 12 tahun yang belum divaksin diizinkan masuk sekarang tidak bisa lagi, harus vaksin. Itu syaratnya. Ada beberapa pengunjung yang terpaksa putar balik karena tidak bisa melengkapi persyaratan, meskipun jumlahnya tidak begitu signifikan," ungkapnya.

Baca juga: Bunker Kaliadem Sleman Ramai Diserbu Wisatawan Saat Libur Isra Miraj

Untuk kunjungan ke Candi Borubudur, lanjutnya, pengunjung hanya diperbolehkan sampai pelataran candi.

Serta, diterapkan pembatasan jam untuk kunjungan ke pelataran candi yakni mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

"Pengunjung hanya diperbolehkan di area pelataran candi saja. Untuk ke struktur Candi Borobudur, belum diizinkan. Itupun, sudah ada waktunya," tutupnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved