Berita Otomotif Terkini

Modifikasi Holden Kingswood HQ 1974, Gahar dengan Mesin V8 5.800 cc

Holden Kingswood HQ 1974 ini terkesan gahar nan kekinian menonjol dengan pemilihan warna red candy keluaran Spies Hecker.

TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Holden Kingswood HQ 1974 milik Argo Nurcahyo. 

TRIBUNJOGJA.COM- Boleh jadi usia Australian Muscle Car yang lahir tahun 1974 ini sudah tergolong uzur.

Namun pandangan tersebut seketika akan terpatahkan, saat menengok Holden Kingswood HQ 1974 milik Argo Nurcahyo asal Yogyakarta .

Bagaimana tidak? Holden Kingswood HQ 1974 ini sama sekali tak merepresentasikan usianya yang hampir setengah abad.

Sebaliknya, kesan gahar nan kekinian menonjol dengan pemilihan warna red candy keluaran Spies Hecker.

Tambahan strip hitam di bagian tengah body, seakan ingin menonjolkan kesan "Singa Australia" yang kian sporty.

Baca juga: Restorasi Total Holden Special EH 1964, Mobil Tua Pabrikan Australia Jadi Primadona Kawula Muda

Namun satu di antara yang paling mencolok dari Holden Kingswood HQ 1974 ini ialah kap mesin yang dicoak agar air scoop pabrikan Amerika yakni Edelbrock dapat terpasang gahar.

Argo Nurcahyo menjelaskan, Holden Kingswood HQ 1974 ini merupakan mobil yang ia impikan sejak berkuliah, sekaligus merupakan mobil pertama yang ia beli setelah memiliki penghasilan sendiri.

"Sewaktu kuliah, yang saya tahu Holden ini keren, ya hanya sebatas itu. Namun ternyata setelah memiliki, mobil tua itu asik. Apalagi saya berkuliah di teknik mesin, jadi ilmu yang dimiliki bisa tersalurkan lewat hobi," kata Argo.

"Kembali ke awal, saya mendapatkan mobil ini sejak 2018, atau tepatnya setelah mulai bekerja. Saya iseng cari melalui Facebook, lantas ada seorang teman dari Samarinda merekomendasikan Holden Kingswood HQ 1974 ini, dalam kondisi dongkrok di sebuah garasi," lanjut alumni program studi D3 Teknik Mesin UGM ini.

"Lantaran sudah dongkrok beberapa tahun, kondisinya sangat kotor. Catnya pun sudah pecah-pecah. Sewaktu saya cek langsung di Samarinda, mobil ini tidak jalan sebab ada masalah pada bagian mesin dan juga transmisi," tambahnya.

Dijelaskan Argo, sudah cukup banyak perombakan yang ia lakukan terhadap mobil kesayangannya.

Mulai dari mengubah bentuk body, dari yang semula 4 pintu menjadi hanya 2 pintu saja, pengecatan ulang, perombakan sisi interior, serta mengganti dapur pacu dari yang sebelumnya memakai mesin 2850cc atau 173ci.

" Holden Kingswood HQ 1974 ini sudah swap engine. Mesin yang kini digunakan yakni V8 Ford 351 Cleveland 5.800 cc. Kalau untuk sistem transmisi saya masih menggunakan bawaan dari Holden, manual, 4 speed, pakai modifikasi di area kepala babinya dan sampai saat ini menurut saya nyaman," jelas Argo.

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, kesan gahar begitu kentara dihadirkan melalui air scoop di kap depan, yang berfungsi memasok kebutuhan udara ke dalam karburator Edelbrock 1507 750 cfm yang digunakan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved