Selain Jet Tempur Rafale, Indonesia Juga Akan Beli Kapal Selam Scorpene dari Perancis

Indonesia akan memborong 42 jet tempur Rafale dan dua unit kapal selam Scorpene dari Perancis

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
ist
Pesawat tempur Rafale dan Kapal Selam Scorpene 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Indonesia bakal membeli 42 Jet Tempur Rafale produksi Dassault Aviation, Perancis. Namun dari jumlah itu, baru 6 unit Jet Tempur Rafale yang sah diakuisisi Indonesia. Selain pesawat tempur, Indonesia juga berencana untuk membeli dua kapal selam Scorpene, serta kerjasama di bidang Research and Development (R&D) kapal selam.

Kerjasama Indonesia dan Perancis dalam bidang alutsista ini, ditandai dengan penandatangan kontrak di Jakarta pada Kamis (10/2/2022).

Prabowo Subianto dan Menhan Prancis Florence Farly turut hadir dan menyaksikan penandatangan kontrak tersebut.

Kendati baru enam unit yang diakuisisi, Prabowo memastikan 36 jet Rafale sisanya akan dibeli Indonesia dalam waktu dekat.

Pesawat Tempur Rafale
Pesawat Tempur Rafale (Dassault Rafale Perancis)

"Kita rencananya akan mengakuisisi 42 pesawat Rafale. Kita mulai hari ini (kemarin) dengan tanda tangan kontrak pertama untuk enam pesawat," kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, melalui rekaman yang diterima awak media, Kamis (10/2/2022).

Pada kesempatan yang sama, PT Dirgantara Indonesia (Persero) juga menjalin kerja sama dengan Dassault Aviation untuk maintenance, repair, and overhaul (MRO) terhadap pesawat Prancis yang digunakan angkatan bersenjata Indonesia.

"(Antara lain) helikopter Caracal dan helikopter lain," imbuh dia.

Indonesia juga berencana membeli dua kapal selam Scorpene asal Prancis.

Kapal Selam Scorpene milik AL India
Kapal Selam Scorpene milik AL India (Wikimedia Common)

Rencana ini masuk dalam kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam yang telah ditandatangani antara pihak PT PAL Indonesia dan NAVAL Grup dari Prancis di Jakarta, Kamis (10/2/2022).

"Kita telah tandatangani MoU kerja sama di bidang research and development tentang kapal selam antara PT PAL dengan NAVAL grup dari Prancis, yang tentunya akan mengarah pada pembelian dua kapal selam Scorpene," ucap Prabowo.

Spesifikasi Pesawat Tempur Rafale

Dassault Rafale, biasa disebut sebagai Rafale saja adalah pesawat tempur dengan kategori twin engine (mesin ganda) dari Snecma.

Konfigurasi pesawat dilengkapi dengan canard delta wing untuk menyempurnakannya sebagai multirole fighter aircraft (pesawat tempur multiperan).

Seperti standar pesawat terbang tempur mutakhir, maka Rafale dapat dilengkapi beraneka persenjataan sesuai kebutuhan dalam perannya sebagai perebut keunggulan di udara.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved