Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia, Presiden Jokowi : Segera Evaluasi Level PPKM

Perintah Presiden Jokowi tersebut dikeluarkan menyusul melonjaknya Kasus Covid-19 yang mencapai 27.197 pada hari ini Kamis, (3/2/2022).

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
https://www.setneg.go.id/
Presiden Jokowi 

TRIBUNJOGJA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator penanganan Covid-19 Jawa dan Bali serta Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Koordinator penanganan Covid-19 non Jawa dan Bali untuk mengevaluasi level PPKM di Indonesia.

Perintah Presiden Jokowi tersebut dikeluarkan menyusul melonjaknya Kasus Covid-19 yang mencapai 27.197 pada hari ini Kamis, (3/2/2022).

"Saya juga telah memerintahkan Menko Marinves selaku koordinator PPKM Jawa dan Bali, serta Menko Perekonomian selaku koordinator PPKM luar Jawa-Bali untuk segera mengevaluasi level PPKM," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden.

Selain mengevaluasi level PPKM, Kepala Negara juga meminta para kepala daerah mulai dari gubernur, wali kota, dan bupati untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan baik. Selain itu terus menggenjot vaksinasi Covid-19. 

"Dibantu jajaran TNI dan Polri untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dilaksanakan oleh masyarakat dan vaksinasi terus dijalankan dan dipercepat," tuturnya.

Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dalam menghadapi lonjakan Covid-19 sekarang ini.

Presiden Jokowi juga menyarankan agar masyarakat untuk disiplin menjaga protokol kesehatan dan mengurangi aktivitas yang tidak perlu. 

"Bagi yang belum divaksin agar segera divaksin, bagi yang sudah divaksin lengkap dan sudah waktunya untuk disuntik vaksin penguat agar segera vaksin booster," pungkasnya.

Sudah Diprediksi

Presiden Joko Widodo juga mengatakan, lonjakan Kasus Harian Covid-19 yang terjadi saat ini sudah diprediksi oleh pemerintah.

Hal itu disampaikannya lewat keterangan video menanggapi Kasus Harian Covid-19 yang mencapai 27.197 pada Kamis (3/2/2022).

"Menanggapi perkembangan terkini kasus Covid-19 terjadi kenaikan hingga 27.197 kasus per hari ini Kamis 3 Februari 2022, perlu saya sampaikan beberapa hal," kata Presiden Jokowi.

"Lonjakan ini sudah diperkirakan dan diantisipasi oleh pemerintah dengan kesiapan kita yang sudah lebih baik dibanding tahun lalu," lanjutnya.

Menurut Presiden Jokowi, kesiapan itu terlihat dari sisi ketersediaan obat-obatan, oksigen, ruang isolasi maupun tenaga kesehatan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved