Berita Sleman Hari Ini

BREAKING NEWS: 10 Orang Positif Covid-19 dari Tracing Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo

Kasus penularan Coronavirus Disease-2019 ( Covid-19 ) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman berkembang semakin meluas. Hasil pelacakan ( tracing )

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Ahmad Syarifudin
Kepala dinas kesehatan kabupaten Sleman Cahya Purnama 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kasus penularan Coronavirus Disease-2019 ( Covid-19 ) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman berkembang semakin meluas.

Hasil pelacakan ( tracing ) dari Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 menemukan ada 10 orang yang ikut terpapar.

Sampai saat ini tracing dari kontak erat (KE) pasien yang telah dinyatakan positif tersebut terus berlanjut. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Muncul Penularan Covid-19 di SMAN 8 Yogyakarta, Dua Kelas Kembali Daring

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama berkata, hasil tracing awal terhadap orang-orang di sekitar Bupati Sleman, ditemukan ada 9 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kemudian dilakukan swab massal terhadap puluhan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman, pada Selasa (25/1/2022) kemarin.

Ternyata ada satu pegawai yang dinyatakan positif sehingga saat ini totalnya ada 10 orang, dari hasil tracing yang dinyatakan positif Covid-19.

Pihaknya mengaku segera melakukan tracing lanjutan guna memutus mata rantai penularan. 

"(Hasil tracing ) Kemarin satu (positif). Tapi hari kemarinnya yang banyak, ada 9 orang, dari hasil tracing sekitarnya (Bupati). Setelah ini, pasti kami akan lakukan tracing lagi (dengan sasaran) kontak eratnya di instansi atau di rumahnya," kata dia, Rabu (26/1/2022).

Diketahui, Bupati Sleman terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sepekan sebelumnya memiliki agenda kerja di luar kota cukup padat, mulai dari Lumajang, Jakarta, hingga Kulon Progo.

Ia sempat merasakan gejala mirip flu dan dilakukan pemeriksaan antigen pada Minggu (23/1/2022) malam dengan hasil reaktif.

Kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan swab PCR di RSUD Sleman pada Senin (24//2022), dan hasilnya positif. 

Baca juga: Pemda DIY akan Revisi PTM 100 Persen Setelah Adanya Penularan Covid-19 di SMAN 8 Yogyakarta

Terpisah, Direktur RSUD Sleman, Novita Krisnaeni membenarkan ada 10 orang dari hasil tracing Bupati Sleman.

Menurutnya, setelah dinyatakan positif pada Senin (24/1/2022) segera dilakukan tracing awal dan ditemukan ada 9 orang positif Covid-19.

Kemudian, saat dilakukan tracing kedua ditemukan 1 orang positif Covid-19

"Tracing awal hari Senin (23/1/2022). Tracing kedua Selasa (24/1/2022). (Totalnya 10) iya," kata dia. 

Bupati Sleman, menurut Novita, saat ini sedang menjalani isolasi di rumah dinas dengan pantauan dari tim dokter spesialis.

Dari hasil pemeriksaan menurut dia, kondisi kesehatan Bupati sudah semakin membaik.

Hanya bergejala ringan. Meski demikian, sampel swab Bupati Sleman tetap akan dikirim ke BBTKLPP Yogyakarta untuk mendeteksi varian Covid-19-nya. 

"Alhamdulillah (kondisi Bupati) baik. Tidak ada masalah. Hanya bergejala ringan, yang lainnya bagus. Sampel Bupati (untuk mengetahui varian) akan dikirim. Tapi tidak jadi dikirim ke Jakarta karena ternyata di Yogyakarta bisa. Kami akan kirim sampel, kalau nggak hari ini ya besok," ujar dia. (rif)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved