Citizen Journalism

Mantaba Gandeng Kampung Inggris Yogya

Belajar bahasa Inggris sering dianggap tidak mudah dan bahkan tak jarang pula menjadi pelajaran yang kurang diminati.

Editor: Agus Wahyu
Mantaba Gandeng Kampung Inggris Yogya
ISTIMEWA
Kholif Diniawati

Kholif Diniawati MPdBI
Guru Bahasa Inggris MAN 3 Bantul

BAHASA Inggris merupakan bahasa internasional, sehingga sangat perlu untuk dipahami dan dikuasai, khususnya bagi kalangan pelajar. Namun, belajar bahasa Inggris sering dianggap tidak mudah dan bahkan tak jarang pula menjadi pelajaran yang kurang diminati.

Untuk itu, MAN 3 Bantul (Mantaba) berupaya memberikan fasilitas pelatihan peningkatan kemampuan berbahasa inggris bagi siswa, khususnya kelas Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB). Pelatihan yang diselenggarakan selama 6 hari, yakni Senin-Sabtu (10-15/1) tersebut bekerjasama dengan Kampung Inggris Yogyakarta (KIY).

Koordinator penyelenggara yang juga koordinator rumpun Bahasa, Sumiyati MA menjelaskan, tentang tujuan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa. “Kami gandeng Kampung Inggris Yogya untuk memberikan materi pelatihan. Materi meliputi Reading, Speaking, Listening and Writing,” Sumiyati.

Selain mentor dari KIY, yakni Mr Samaun Masiun, Mr Muhammad Aris M Arsyad dan Miss. Olivia Yunita Trestiawati, kami juga mangajak alumni yang juga melanjutkan pendidikan ke jenjang akademi jurusan bahasa Inggris, yakni Ardian dan Farkhan serta 4 siswa alumni peserta pelatihan di KIY sebelumnya. Yakni, Ambara Arya Wibisana, Imam, Sintiya dan Aisyah. Selain itu tentu saja kami melibatkan guru-guru bahasa inggris untuk mendampingi dan juga membina peserta pelatihan.

Seluruh materi pembelajaran disampaikan secara praktik, sehingga seluruh siswa sangat antusias mengikuti pelatihan. Metode pembelajaran yang begitu atraktif dan juga melalui berbagai menjadikan minat belajar siswa semakin tinggi.

Hal ini ditunjukkan dengan semangat siswa dalam acara penampilan hasil belajar selama 6 hari. Seluruh siswa menampilkan karya dari potensi yang mereka miliki di depan peserta pelatihan dan juga perwakilan siswa dari kelas IPA, IPS dan Agama di aula madrasah, Sabtu (15/1/22/2022).

Kepala Madrasah Drs Syamsul Huda mengapresiasi kegiatan yang digawangi koordinator jurusan bahasa tersebut. Menurutnya, program tersebut bisa dilanjutkan dan terus ditingkatkan unuk siswa-siswa lainnya di semua jurusan.

“Menguasai bahasa memang harus melalui praktik, sehingga pelatihan semacam ini sungguh sangat mendukung dalam peningkatan keteramilam berbahasa inggris yang dimiliki siswa. Penampilan siswa dalam unjuk kerja tentang seluruh materi selama 6 hari, sungguh membuat kami bangga dan semakin yakin, dengan menguasai bahasa maka kita akan mudah beradaptasi dimana saja,” ujarnya.

“Pesan saya, semoga ide-ide kreatif untuk memajukan ssiswa-siswi khususnya di bidang penguasaan bahasa asing seperti ini, perlu digali dan direalisasikan dengan saling bekerjasama,” tegas Samsul di ruang kerja. (*)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved