Breaking News:

Berita Inspiratif

Dani Tanaka, Art Director asal Yogyakarta yang Punya Persewaan Properti Film Langganan Sineas

Dalam sebuah produksi suatu film tentu saja akan melibatkan banyak orang yang bekerja di balik layar. Keberhasilan suatu karya video, entah itu film

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Santo Ari
Dani Tanaka di Props Collective yang menyediakan barang-barang kebutuhan film 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam sebuah produksi suatu film tentu saja akan melibatkan banyak orang yang bekerja di balik layar.

Keberhasilan suatu karya video, entah itu film, iklan, video musik, tidak hanya bertumpu pada artis dan sutradaranya saja.

Salah satu yang berperan di dalamnya adalah art director yang bertanggung jawab atas tampilan visual di sebuah produk video.  

Adalah pemuda asal Yogyakarta bernama Dani Tanaka (31) yang berprofesi sebagai art director dan telah berkecimpung di dunia perfilman sejak tahun 2009.

Baca juga: BREAKING NEWS: Seorang Remaja Putri di Sleman Meninggal Dunia Seusai Terjatuh ke dalam Sumur

Secara garis besar, dialah sosok orang yang mengatur tata letak properti atau barang-barang untuk membuat sebuah video itu lebih hidup atau realistik.

Sejak tahun 2009 sudah lebih dari 100 karya yang ia bantu dalam hal artistiknya.

Tak hanya berperan sebagai art director, sejak empat tahun lalu Dani Tanaka mengembangkan sebuah usaha jasa persewaan properti atau dekorasi film/video.

Usaha ini dimulai atas dasar pengalamannya yang sempat merasakan kesulitan mencari barang-barang untuk kebutuhan shooting saat mengerjakan tugas akhir di salah satu kampus seni di Yogyakarta.

"Waktu itu saya mengerjakan tugas akhir membuat video dengan tata artistik atau dekorasi di film. Saya kesusahan untuk mencari barang-barang yang saya butuhkan. Bermula dari itu saya mencoba mengumpulkan barang-barang, untuk dijadikan bisnis dan saya ingin membantu teman-teman di kampus-kampus yang kesulitan mencari properti untuk tugas mereka," ujarnya Sabtu (15/1/2022).
 
"Saya sebenarnya balas dendam, kalau dulu saya kesulitan mencari barang untuk kebutuhan shooting, sekarang saya mencoba untuk membantu mereka, dan dari segi bisnis saya menyewakan barang-barang kebutuhan shooting yang saat ini belum banyak di Yogyakarta," imbuhnya.

Menurutnya, profesi art director sudah banyak di Yogyakarta, namun hanya sedikit yang membuka jasa penyewaan properti film di Yogyakarta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved