Breaking News:

Khasiat Kolang kaling

Inilah Khasiat Kolang kaling Bagi Kesehatan, Poin 2 Terkait Berat Badan

Kolang kaling adalah biji pohon aren atau enau (Arengan Pinnata) yang berbentuk pipih

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
kolang kaling
kolang kaling 

Tribunjogja.com Kolang-kaling adalah biji pohon aren atau enau (Arengan Pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Kolang-kaling dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes.

Untuk mengolah Kolang-kaling kebanyakan dengan cara membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam.

Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Dilansir dari data kemlu.go.id, Pohon aren atau enau (Arengan Pinnata) merupakan pohon yang menghasilkan bahan-bahan industri.

Karena itu Kolang-kaling menjadi salah satu komoditas unggulan baru bagi ekspor Indonesia. Kolang kaling selaindimanfaatkan untuk bahan aneka makanan dan minuman, kandungan seratnya juga baik untuk kesehatan.

Serat Kolang-kaling dan serat dari bahan makanan lain yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan proses pembuangan menjadi teratur sehingga dapat mencegah kegemukan atau obesitas.

Di Indonesia penghasil Kolang-kaling tersebar di Tapanuli Selatan; Sipirok; Simalungun; Cipongkor Bandung Barat; Tondangow, Tomohon (Sulawesi Utara); Langkat (Sumatera Utara).

Kampung Cisongok Kec Kadudampit Kab Sukabumi, Kampung Cigintung, Desa Margawati Kec Garut kota,

Pematang Raya; Desa Tanjung Sari, Tasikmalaya; Binjai, Sumatera; Tarutung, Sidamanik dan Siantar; Sidikalang, Parbuluan, Sumbul, Sitinjo dan Silima Pungga-Pungga.

Kandungan Kolang-kaling

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved