Breaking News:

Resep Mudah Membuat Pani Puri, Jajanan Khas India yang Kaya Rasa

Penasaran rasa pani puri yang disantap Shah Rukh Khan di film Rab Ne Bana Di Jodi? Coba buat sendiri di rumah dengan resep sederhana berikut ini.

DOK. Euphoric Vegan
Pani puri atau golgappa, street food khas India yang kaya rasa 

TRIBUNJOGJA.com – Pani puri atau yang memiliki nama lain golgappa merupakan jajanan khas India yang cukup populer.

Melansir BBC.com, Kamis (4/6/2020), nama pani puri diambil dari kata “pani” yang berarti air dan “puri” yang berarti adonan tepung berbentuk cakram yang digoreng.

Street food ini memiliki bentuk lingkaran dengan diameter kira-kira lima sampai tujuh sentimeter (cm). Tekstur makanan ini renyah seperti kerupuk.

Saat disajikan, permukaan pani puri akan dilubangi menggunakan ibu jari, kemudian diisi dengan kentang tumbuk, daun seledri, bawang merah atau bawang bombai cincang, dan bahan lainnya.

Selanjutnya, pani puri akan dicelupkan dalam air yang telah dicampur rempah khas India, yaitu garam masala.  

Tidak perlu jauh-jauh ke India untuk menikmati jajanan yang satu ini. Anda bisa mencoba membuatnya di rumah dengan bahan-bahan sederhana.

Baca juga: Resep Onigirazu Rice Sandwich, Cocok untuk Bekal Keluarga

Dilansir Tribun Jogja dari video kanal YouTube Bay Kitchen pada Minggu (26/4/2020), berikut resep mudah membuat pani puri dengan bahan sederhana.

Bahan membuat pani puri:

100 gram (gr) dry pani puri 

2 kentang yang telah direbus atau dikukus (Anda bisa mengganti kentang dengan bahan lokal lainnya, seperti aneka ubi atau bisa juga diganti sukun)

½ sendok teh (sdt) ketumbar bubuk

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved