Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Capaian Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun di Klaten Baru 23 Persen, Ini Perintah Bupati Klaten Sri Mulyani

Bupati Klaten Sri Mulyani memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten untuk segera menggenjot capaian vaksin anak usia 6-11 tahun di daerah itu.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Bupati Klaten Sri Mulyani 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten untuk segera menggenjot capaian vaksin anak usia 6-11 tahun di daerah itu.

Hal itu diminta oleh Sri Mulyani agar tercapai kekebalan kelompok bagi anak usia 6-11 tahun di daerah itu sebab per 3 Januari 2022 proses pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen juga telah dimulai.

"Tadi (saat rakor senin) juga saya sampaikan (pada Dinas Kesehatan) bahwa untuk vaksin anak usia 6-11 tahun harus selesai pekan ini dosis satunya," ucap Mulyani pada awak media di Pemkab Klaten, Senin (3/1/2022).

Diakui Mulyani, untuk target vaksin anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Bersinar sekitar 105.000 anak.

Baca juga: PTM 100 Persen di Klaten Telah Diberlakukan, Bupati Sri Mulyani Minta Disdik Evaluasi Setiap 3 Hari

Seratusan ribu anak itu tersebar di beberapa sekolah dan wilayah di Klaten.

Hingga pekan perdana di bulan Januari 2022 ini, lanjut Mulyani, capaian vaksin anak usia 6-11 di daerah yang ia pimpin sudah menyentuh angka 23 persen.

"Capaian vaksin anak usia 6-11 tahun kita saat ini sudah 23 persen. Tadi Pak Dinkes mengatakan juga sanggup kok (untuk segera tuntaskan vaksin anak dosis satu)," papar Mulyani.

Terkait percepatan vaksin anak usia 6-11 tahun untuk dosis satu, Mulyani meminta Dinkes segera berkoordinasi dengan sekolah-sekolah dan koordinator wilayah (Korwil) di masing-masing kecamatan.  

"Tadi saya perintahkan untuk mengerahkan tenaga vaksinatornya kerja sama dengan korwil, puskesmas dan kecamatan," imbuhnya.

Baca juga: PTM 100 Persen di SMPN 4 Delanggu Klaten, Siswa Diminta Bawa Bekal dari Rumah

Sebelumnya, Camat Prambanan Puspo Enggar Hastuti mengatakan jika pihaknya sudah berkoordinasi dengan korwil terkait penyelenggaraan vaksin di Prambanan.

"Kita sudah koordinasi, untuk pendataan juga sudah, kita ada sekitar 4 ribu anak usia 6-11 tahun yang akan divaksin," ucap dia.

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang menunggu distribusi vaksin dari pihak Dinas Kesehatan Klaten sehingga untuk saat ini vaksin anak belum dimulai di daerahnya.

"Kita masih menunggu vaksin dari Dinkes ya, kalau pelaksanaannya kita usahakan pekan ini atau awal tahun," imbuh Puspo.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved