Breaking News:

Penyakit Diabetes

Ini yang Terjadi Pada Kulit Jika Anda Terkena Diabetes

Tanda awal terjadinya diabetes bisa kita lihat pada kulit kita. Berikut perubahan pada kulit yang menandakan diabetes:

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
grid.id
Ilustrasi : Diabetes 

Tribunjogja.com - Diabetes adalah penyakit akibat gula darah tinggi. Diabetes yang tidak tekrontrol dengan baik bisa memicu komplikasi serius.

Tanda awal terjadinya diabetes bisa kita lihat pada kulit kita. Berikut perubahan pada kulit yang menandakan Diabetes:

1. Infeksi kulit

Orang yang menderita diabetes cenderung mengalami infeksi kulit. Jika Anda memiliki infeksi kulit, biasanya Anda akan mengalami gejala berikut: Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Kulit terasa panas dan bengkak Muncul ruam gatal dan terkadang lepuh kecil, kulit kering bersisik. Infeksi kulit dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk di antara jari-jari kaki, di sekitar satu atau lebih kuku, dan di kulit kepala.

2. Luka sulit sembuh

Gula darah tinggi (glukosa) dalam waktu lama dapat menyebabkan sirkulasi tubuh yang buruk dan kerusakan saraf. Sirkulasi yang buruk dan kerusakan saraf dapat mempersulit tubuh Anda untuk menyembuhkan luka, terutama di bagian kaki.

Baca juga: Daftar Asupan yang Efektif Menurunkan Gula Darah Bagus untuk Penderita Diabetes

3. Bintik-bintik kering

Kondisi kulit ini menyebabkan bintik-bintik (dan kadang-kadang garis) yang memengaruhi tampilan kulit. Dalam dunia medis, munculnya bintik atau garis tersebut dikenal dengan istilah dermopati diabetik. Dermopati diabetik biasanya terbentuk di tulang kering.

Dalam kasus yang jarang terjadi, dermopati diabetik bisa terbentuk di lengan, paha, batang tubuh, atau area tubuh lainnya.

Benjolan ini terlihat seperti jerawat. Namun, lambat laun benjolan kemerahan tersebut bisa berubah warna menjadi kuning, Benjolan tersebut bisa terbentuk di bokong, paha, lekukan siku, atau bagian belakang lutut.

5. Kulit keras dan menebal

Kulit yang keras, tebal, dan tampak bengkak dapat menyebar, muncul di lengan bawah dan lengan atas. Hal itu juga bisa berkembang di punggung atas, bahu, dan leher. Terkadang, penebalan kulit menyebar ke wajah, bahu, dan dada. Dalam kasus yang jarang terjadi, kulit di atas lutut, pergelangan kaki, atau siku juga menebal, sehingga sulit untuk meluruskan kaki, mengarahkan kaki, atau menekuk lengan. Masalah kulit ini biasanya berkembang pada orang yang memiliki komplikasi akibat diabetes atau diabetes yang sulit diobati.(*)

 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved