Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Mbah Minto Klaten Dimakamkan Tak Jauh dari Makam Suaminya di Pemakaman Argoloyo Wonosegaran

Mbah Minto atau Minto Suwito Siyam (85) dimakamkan tidak jauh dari makam suaminya di komplek pemakaman Argoloyo Wonosegaran Dusun Bugel, Desa Krakitan

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Peti jenazah Mbah Minto saat hendak turunkan di Komplek Pemakaman Argoloyo Wonosegaran, Krakitan, Bayat Klaten, Kamis (23/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Mbah Minto atau Minto Suwito Siyam (85) dimakamkan tidak jauh dari makam suaminya di komplek pemakaman Argoloyo Wonosegaran Dusun Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pantauan TribunJogja.com di lokasi, jenazah Mbah Minto dibawa dari rumah duka dengan menggunakan mobil ambulans sekitar pukul 14.00 WIB.

Jarak rumah duka yang berada di Dusun Selorejo, Desa Krakitan dengan pemakaman yang berada di Dusun Bugel desa yang sama sekitar 1 kilometer.

Baca juga: Puncak Libur Nataru Diprediksi Mulai 24 Desember, Pemkot Yogyakarta Siapkan Antisipasi

Sebelum jenazah Mbah Minto diberangkatkan ke pemakaman, terlebih dahulu dibacakan doa oleh tokoh masyarakat setempat dan perwakilan Pemkab Klaten Sip Anwar.

Jenazah Mbah Minto tiba di pemakaman di sekitar pukul 14.10 dan langsung dimakamkan.

"Di kompleks pemakaman ini juga ada makam bapak. Posisinya tidak bersebelahan," ujar Anak keempat Mbah Minto Sudiono pada Tribunjogja.com.

Ia mengatakan jika ayahnya meninggal sudah lama sejak tahun 1996.

Sudiono pun meminta doa dari masyarakat Kabupaten Klaten terkhusus bagi para penggemar Mbah Minto untuk mendoakan almarhumah.

"Saya dari pihak keluar juga menyampaikan permintaan maaf dan mohon doanya untuk simbah," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya sosok youtuber Mbah Minto.

"Ini ada duka yang mendalam baik dari saya maupun masyarakat Klaten. Kita hari ini kehilangan sosok yang sangat luar biasa yang usianya sudah 85 tahun," ujar Mulyani saat ditemui di rumah duka.

Baca juga: DI Yogyakarta Masuki Puncak Musim Hujan Pada Januari 2022, Pengelola Wisata Alam Diminta Waspada

Ia menjelaskan, Mbah Minto sangat banyak membantu Pemerintah Kabupaten Klaten dalam mensosialisasikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Diakui Mulyani, Pemkab Klaten pernah tiga kali menggandeng Mbah Minto untuk membantu sosialisasi Covid-19 bagi masyarakat.

"Lawakannya lucu dan itu mengena. Saya pernah ambil video dengan simbah dan dia orangnya mengalir dan saya sangat salut kepadanya," paparnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved