Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Puluhan Pohon Dilengkapi Barcode Ditanam di Kampung Girpasang Lereng Merapi Klaten

Puluhan pohon yang ditanam di lereng Gunung Merapi itu juga dilengkapi dengan barcode agar bisa dipantau proses pertumbuhannya secara online.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Kepala Pabrik Aqua Klaten, I Ketut Muwaranata (kanan) didampingi Kades Tegal Mulyo (tengah) saat menanam pohon alpukat aligator di Kampung Girpasang Klaten, Kamis (16/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Puluhan pohon ditanam di Kampung Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah oleh PT Tirta Investama-Pabrik Aqua Klaten.

Puluhan pohon yang ditanam di lereng Gunung Merapi itu juga dilengkapi dengan barcode agar bisa dipantau proses pertumbuhannya secara online.

Kepala Pabrik Aqua Klaten, I Ketut Muwaranata menyebut secara keseluruhan terdapat 30 pohon tanaman yang ditanam di kampung tersebut.

Baca juga: Puluhan Pengungsi Banjir Carikan Klaten Masih Bertahan di Balai Desa

"Kita berharap buah dari puluhan pohon yang kita tanam ini bisa dinikmati oleh warga dan wisatawan di sini nantinya," ucapnya di sela-sela penanaman, Kamis (16/12/2021).

diakui Ketut, beberapa jenis bibit pohon yang ditanam di Girpasang itu yakni, jenis alpukat aligator, sawo dan jenis lainnya.

Ia menjelaskan, maksud dari pemakaian barcode di pohon tersebut agar perkembangan pohon bisa dipantau dari jarak jauh dan menjadi kenangan bagi para penanamnya.

Secara umum, kata dia, aksi penanaman pohon itu merupakan bagian dari program penghijauan yang dilakukan oleh Danone Indonesia sejak 2013.

Baca juga: Surga Tersembunyi di Lereng Merapi, Menengok Sejarah Kampung Girpasang, Kemalang, Klaten

Hingga saat ini, sekitar 140 ribu pohon sudah ditanam oleh Aqua yang mana Kabupaten Klaten menyumbang 30 persen diantaranya.

Ia pun berpesan agar puluhan pohon itu dirawat dan dijaga oleh warga sekitar agar hasilnya bisa dimanfaatkan kelak untuk menunjang wisata di kampung Girpasang.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalmulyo, Sutarno menyampaikan jika Kampung Girpasang memang sering dilirik oleh berbagai pihak untuk melakukan aksi penanaman pohon.

"Ini yang ketiga kalinya dan saya bersyukur Kampung Girpasang mendapat perhatian dari berbagai pihak untuk menunjang wisatanya," tambahnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved