Berita Kota Magelang Hari Ini

Pemkot Magelang Luncurkan 'Siamor' Layanan Kesehatan bagi Lansia dan Disabilitas

Pemerintah Kota Magelang meluncurkan Siaga Among Raga (Siamor), yaitu layanan jemput bola bagi lansia dan disabilitas dengan immobilitas.

Dokumentasi Pemkot Magelang
Pemukulan gong saat launching Siamor' Layanan Kesehatan bagi Lansia dan Disabilitas di halaman belakang Pemkot Magelang, Jumat (17/12/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang meluncurkan Siaga Among Raga (Siamor), yaitu layanan jemput bola bagi lansia dan disabilitas dengan immobilitas yang ada di wilayah Kota Magelang sesuai jadwal kontrol rutin secara  gratis.

Secara resmi layanan luncurkan oleh Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz (Dokter Azis)  di halaman belakang kantor Pemkot Magelang, Jumat (17/12/2021).

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis nota kesepakatan dan perpanjangan kerjasama Universal Health Coverage (UHC) 2022 dengan BPJS Kesehatan Cabang Magelang.

Dokter Aziz menjelaskan, Siaga Among Raga merupakan upaya mendekatkan pelayanan kesehatan
kepada masyarakat.

Baca juga: Pemkot Magelang Apresiasi OPD yang Ciptakan Inovasi Pelayanan Publik

Menurutnya kesehatan adalah sektor yang prioritas dalam pembangunan Indonesia pada umumnya, dan di Kota Magelang khususnya.

"Kita ingin mewujudkan derajat kesehatan yang optimal sebagaimana diamanatkan undang-undang," katanya.

Siaga Among Raga menjadi inovasi Kota Magelang di bidang kesehatan, setelah sebelumnya diluncurkan Jemput Sakit Antar Sehat (PSC 119). 

Layanan ini gratis karena Pemkot Magelag telah mendaftarkan penduduknya sebagai peserta JKN KIS yang dibiayai Pemerintah Daerah (PB Pemda).

"UHC kita sudah lebih dari 99 persen, jadi layanan kesehatan masyarakat Kota Magelang tidak bayar. Pemerintah betul-betul melayani dengan fasilitas rumah sakit yang memadai," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved