Breaking News:

Berita Bisnis Terkini

Investasi Rp 71 Triliun, Amazon Web Services Akhirnya Buka Pusat Data di Indonesia

Amazon Web Services Inc (AWS), perusahaan Amazon.com resmi membuka region Indonesia, yakni AWS Asia Pasifik (Jakarta) Region.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Country Manager AWS Indonesia, Gunawan Susanto saat memberikan media briefing pada wartawan, Selasa (14/12/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Amazon Web Services Inc (AWS), perusahaan Amazon.com resmi membuka region Indonesia, yakni AWS Asia Pasifik (Jakarta) Region.

Adapun pembukaan region baru ini sejalan dengan rencana AWS untuk berinvestasi sebesar USD 5 Miliar atau sekitar Rp 71 Triliun dalam 15 tahun di Indonesia.

Nilai tersebut mencakup belanja modal untuk pembangunan pusat data, biaya operasional terkait dengan utilitas yang sedang berjalan dan biaya fasilitas.

Termasuk pembelian barang dan jasa dari pelaku bisnis regional.

“Mulai hari ini, para pengembang, pelaku usaha rintisan, wirausahawan dan perusahaan besar bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi AWS dengan pusat data di Indonesia,” ungkap Country Manager AWS Indonesia, Gunawan Susanto, dalam media briefing, Selasa (14/12/2021).

Dia mengatakan, tidak hanya perusahaan, pemerintah, dunia pendidikan dan organisasi nirlaba juga bisa memanfaatkan AWS demi penyimpanan data digital yang lebih aman di Indonesia.

Selain mempermudah dan meningkatkan keamanan penyimpanan data digital, Gunawan juga memproyeksikan, adanya komitmen investasi di Tanah Air ini mampu membuka 24.700 lapangan kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pekerjaan ini, ditambahkannya, akan menjadi bagian dari rantai pasokan AWS di Indonesia, seperti konstruksi, pemeliharaan fasilitas, teknik, telekomunikasi dan yang lainnya.

Sejumlah perusahaan juga mulai menggunakan AWS, diantaranya ada Bhinneka, Kompas, Kumparan, MNC Group, Tokopedia, serta XL Axiata.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved