Breaking News:

Gejala Jika Terkena Varian Baru Covid, Omicron Alias B.1.1.529

Varian Omicron memiliki kemampuan penyebaran yang tinggi dan mampu menembus kekebalan tubuh seseorang sehingga berpotensi terjadinya infeksi ulang.

Editor: Mona Kriesdinar
telegraph
Varian Omicron 

TRIBUNJOGJA.COM - Varian baru virus Covid-19 bernama Omicron menjadi perhatian para ahli kesehatan dunia. Virus baru yang diberi kode B.1.1.529 tersebut kali pertama di temukan di Afrika Selatan dan disebut-sebut memiliki kemampuan penyebaran yang tinggi dan mampu menembus kekebalan tubuh seseorang sehingga berpotensi terjadinya infeksi ulang.

Lantas, bagaimana gejala dari infeksi varian baru ini?

Mengutip dari The Telegraph, dokter dari Afrika Selatan yang merupakan orang pertama pelapor Virus Omicron dr Angelique Coetzee mengatakan, gejala varian baru ini tidak seperti gejala pada Covid-19 pada umumnya, tetapi cenderung ringan.

Baca juga: Varian Baru B.1.1.529, Jadi Virus Corona Paling Bermutasi dari yang Pernah Ada

Adapun pasien yang diketahui terinfeksi varian Omicron, menurut dia, mengalami kelelahan hebat.

Meski demikian, dia mengatakan, tidak ada yang mengalami kehilangan bau dan rasa.

“Gejala mereka sangat berbeda dan sangat ringan dari yang pernah saya tangani sebelumnya,” ujar Dr Coetzee yang juga sebagai dokter pimpinan Asosiasi Medis Afrika Selatan.

Dikutip dari Reuters, Minggu(29/11/2021), selain kelelahan, pasien yang datang juga mengaku mengeluhkan nyeri tubuh dan sakit kepala.

"Gejala itu sangat mirip infeksi virus umum. Dan karena kami belum melihat pasien Covid-19 selama 8-10 minggu terakhir, kami memutuskan untuk melakukan tes," kata dia.

Salah seorang pasien yang juga teridentifikasi terinfeksi varian baru adalah pasien berusia enam tahun yang datang ke klinik pribadinya dengan keluhan denyut nadi tinggi.

Meski demikian, pasien tersebut dalam dua hari perawatan menurutnya lekas menunjukkan perkembangan yang baik.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved