Breaking News:

Berita Pendidikan Hari Ini

Mahasiswa UGM Bikin Peta Jalur Pendakian Gunung Sumbing

Mahasiswa UGM melakukan pemetaan jalur pendakian Gunung Sumbing berbasis data spasial dan nonspasial dengan bantuan Dana Hibah FMIPA UGM.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Ilustrasi gedung UGM 

TRIBUNJOGJA.COM - Jumlah pendaki Gunung Sumbing dari tahun ke tahun terus meningkat.

Namun demikian, mendaki gunung tetap jadi kegiatan yang berbahaya apabila  sedikitnya informasi mengenai Gunung Sumbing.

Terlebih jika pendaki belum pernah melakukan pendakian sebelumnya.

Sebab situasi dan kondisi gunung yang tidak mudah ditebak seperti jalur yang tertutup akibat tumbangnya pohon, jalur cabang yang baru dan perubahan posisi plang informasi di tiap-tiap pos pendakian.

Baca juga: Diikuti 100 Orang, UGM Gelar Wisuda Luring Terbatas untuk Pertama Kalinya di Masa Pandemi

Tidak adanya informasi tentang jalur pendakian menjadi satu di antara ancaman bagi para pendaki yang hendak melewati jalur tujuan tersebut dan tentunya memberikan risiko besar bagi pendaki.

Empat orang mahasiswa FMIPA UGM melakukan pemetaan jalur pendakian Gunung Sumbing berbasis data spasial dan nonspasial dengan bantuan Dana Hibah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada.

Kegiatan ini diketuai oleh Alif Kurniawan (Kimia 2018) dan beranggotakan Annisa Dwi Putri (Geofisika 2019), Natalia Rani Dewanti (Geofisika 2019), dan Alfian Surya Rahmadan (Matematika 2019).

Alif menuturkan proses kegiatan pemetaan jalur pendakian ini berlangsung pada rentang Agustus – November 2021 di Gunung Sumbing.

Baca juga: Epidemiolog UGM : Kemungkinan 80 Persen Penduduk RI Sudah Terinfeksi Delta

Jalur pendakian yang disurvei meliputi Jalur Cepit (Utara), Jalur Banaran (Timur), Jalur Butuh Kaliangkrik (Selatan), dan Jalur Bowongso (Barat). Jalur Cepit berada di Dusun Cepit, Desa Pagergunung, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung.

Jalur Banaran berada di Desa Banaran, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved