Breaking News:

Penanganan Permasalahan Sosial di DI Yogyakarta Butuh Partisipasi dari Masyarakat 

Penanganan permasalahan sosial tidak bisa hanya dibebankan kepada Pemerintah semata. Tetapi membutuhkan support serta partisipasi dari masyarakat.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Ahmad Syarifudin
Anggota Komisi D DPRD DIY, Andriana Wulandari (berdiri) saat menyampaikan materi dalam kegiatan Penyuluhan Sosial tingkat Desa yang diselenggarakan Dinsos DIY di Balai Kalurahan Triharjo, Kapanewon Pandak, Bantul, Kamis (25/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Penanganan permasalahan sosial tidak bisa hanya dibebankan kepada Pemerintah semata. Tetapi membutuhkan support serta partisipasi dari masyarakat.

Sebab, masyarakat yang paling utama dan mengerti, terkait permasalahan sosial yang ada di wilayah.

Hal itu diungkapkan Diki Muhamad Saleh, fungsional Pekerja Sosial Madya, Dinas Sosial DIY saat menjadi moderator dalam kegiatan Penyuluhan Sosial tingkat Desa di Balai Kalurahan Triharjo, Kapanewon Pandak, Bantul, Kamis (25/11/2021). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Andriana Wulandari, anggota Komisi D DPRD DIY.

Kemudian Surantini dan Rahmat Joko Widodo, Pekerja Sosial dari Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (Balai PRSW) Yogyakarta.

Baca juga: Berdalih Sayang, Paman di Kulon Progo Tega Lakukan Tindak Asusila Kepada Keponakan di Bawah Umur

Penyuluhan sosial tersebut, diikuti puluhan peserta dari unsur Perangkat Kalurahan, Kapanewon, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), PKK, hingga tokoh agama. 

Menurut Diki, para tokoh masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini, diharapkan dapat mensosialisasikan kembali, segala program yang ada di Dinas Sosial DIY maupun Balai Perlindungan dan Rehabilitasi sosial.

Sebab, permasalahan sosial membutuhkan peran tokoh masyarakat, organisasi masyarakat maupun masyarakat itu sendiri. 

"Harapannya, permasalahan sosial di masyarakat kedepan bisa menurun," kata dia. 

Anggota Komisi D DPRD DIY, Andriana Wulandari mengungkapkan, kegiatan penyuluhan sosial tingkat Kalurahan sangat penting.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved