Breaking News:

DPMPTSP Kota Magelang Tingkatkan Pelayanan untuk Mudahkan Masyarakat Urus Perizinan OSS RBA

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Pelayanan OSS RBA di DPMPTSP Kota Magelang, Rabu (24/11/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam mengurus izin usaha melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA).

Peningkatan pelayanan ini, selaras dengan visi misi Provinsi Jateng yang menjadi provinsi terbaik secara nasional dalam pelayanan investasi 2021 lalu.

Adapun OSS RBA yang diluncurkan pada Agustus lalu,  bertujuan memudahkan pelaku UMKM untuk memperoleh izin usaha disesuaikan dengan resiko usaha mulai dari usaha mikro/kecil, menengah dan besar.

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 24 November 2021: Tambah 35 Kasus Baru, 33 Pasien Sembuh

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, Vivi Eri Setyowati menuturkan, wajah baru OSS RBA sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan perizinan.

"Saat ini, pemerintah sudah memangkas aturan yang menghambat kemudahan usaha, juga perizinan dalam berusaha dan berinvestasi sehingga semuanya menjadi lebih mudah. Terutama, untuk pelaku mikro dan kecil cukup mendaftar maka langsung mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha)," tuturnya pada Rabu (24/11/2021).

Sistem ini juga, lanjutnya, menjadi lebih efisien karena sudah tersistem mengajukan izin secara daring.

Sehingga, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dan, pastinya semua lebih transparan, terbuka, dan terjamin.

"Ini, yang membedakan dengan mengurus perizinan usaha yang lalu. Sekarang, sudah lebih terinci dibuat secara online jadi pelaku usaha tidak perlu ke mana-mana, cukup dengan satu aplikasi saja," terangnya.

Namun tak dipungkiri, ia menambahkan masih banyak masyarakat yang kurang akrab dengan penggunaan teknologi. Terutama, untuk kalangan masyarakat yang berusia sudah lanjut. 

Menghadapi situasi ini, pihaknya menyediakan fasilitas layanan online untuk memperoleh informasi/konsultasi melalui hotline call pada nomor (0293) 314663/0857 9999 6000 atau melalui email perizinan.dpmptspmglkota@gmail.com

"Ini, yang menjadi tantangan kami juga. Karena, masih ada masyarakat yang belum terbiasa menggunakan sistem online ini. Sehingga, kami pun tetap membuka layanan konsultasi melalui telepon/wa. Bahkan, masyarakat pun tetap diperbolehkan datang langsung untuk berkonsultasi jika ditemui kendala. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan legalitas usahanya," ucapnya.

Baca juga: Ratusan Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Kalurahan Sumberagung Moyudan

Sementara itu, pihaknya pun berharap dengan kemudahan mengurus izin usaha dapat merangsang pertumbuhan wirausaha baru di Kota Magelang.

Serta, mendatangkan investasi yang tinggi untuk pemulihan ekonomi sesudah masa pandemi.

"Harapannya, akan bermunculan pengusaha-pengusaha baru di Kota Magelang, seperti programnya Pak Wali Kota yakni  tumbuhnya 1500 wirausaha baru. Semoga dengan adanya kemudahan ini bisa tercapai," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved