Breaking News:

Ratusan Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Kalurahan Sumberagung Moyudan

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 600 dosis vaksin Sinovac disediakan untuk masyarakat di Sumberagung, Moyudan dan sekitarnya.

dok.istimewa
Seorang lansia mengikuti kegiatan vaksinasi massal di Kalurahan Sumberagung, Moyudan, Sleman, Rabu (24/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebagai upaya percepatan capaian herd immunity sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo,  Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) DI Yogyakarta bersama Pemerintah Kabupaten Sleman kembali menggelar vaksinasi massal dan door to door di Kalurahan Sumberagung, Moyudan, Sleman, Rabu (24/11/2021).

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 600 dosis vaksin Sinovac disediakan untuk masyarakat di Kalurahan Sumberagung, Moyudan dan sekitarnya.

Koordinator Wilayah Binda DIY, Adi Riyanto menjelaskan, penyisiran terhadap masyarakat yang belum menerima vaksin Covid-19 memang digencarkan oleh Binda DIY.

"Di samping vaksinasi massal, juga diselenggarakan vaksinasi secara door to door. Sasarannya memang masyarakat yang belum menerima vaksin, di antaranya lansia, penyandang disabilitas, serta masyarakat yang memang tidak memungkinkan untuk beraktivitas di luar rumah," ujar Adi Riyanto.

Kondisi kerentaan warga lansia menjadi perhatian agar vaksinasi efektif, optimal, dan tepat sasaran.

"Rata-rata memang untuk usia lansia ada kecenderungan tensi tinggi, komorbid, penderita stroke, nah itu kami lewati dulu sampai kondisinya normal, diharapkan untuk check up terlebih dulu, setelah itu baru bisa dilanjutkan untuk vaksin," jelasnya.

Adi Riyanto menambahkan, antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi masih cukup tinggi.

Adapun berdasar instruksi Presiden Joko Widodo, ingin cakupan vaksinasi mencapai 70 persen pada akhir tahun ini.

"Alhamdulillah di DI Yogyakarta sudah terpenuhi semua, terutama di Kota Yogya yang sudah hampir 100 persen, kemudian Sleman sekira 90 persen, sedangkan kabupaten lainnya mencapai 80 persen," kata Adi Riyanto.

"Selain tetap menaati prokes, vaksinasi tentu saja merupakan upaya untuk mengatasi penyebaran Covid-19," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sendangagung, Raden Heru Prasetya Wibawa, mengatakan pihaknya akan tetap berupaya memberikan edukasi kepada warganya untuk sesegera mungkin mengikuti program vaksinasi Covid-19.

"Secara akumulasi, sudah di angka 80-an persen warga yang menerima vaksinasi Covid-19. Memang ada beberapa yang belum divaksin dengan beberapa alasan, seperti sedang hamil, hipertensi, bahkan takut jarum suntik. Harapannya, target kami untuk mencapai 100 persen mudah-mudahan bisa disegerakan," jelasnya.

(TRIBUNJOGJA.COM/ HAN)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved