Breaking News:

Gelar Pekan Budaya Difabel Ketiga, Disbud DIY Suguhkan Berbagai Kegiatan Menarik

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta akan melaksanakan Pekan Budaya Difabel (PBD). Pekan Budaya Difabel tersebut

TRIBUNJOGJA.COM/ Christi Mahatma Wardhani
Ketua Pekan Budaya Difabel 2021, Broto Wijayanto (kiri) dan Kasi Seni Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Purwiati (kanan) saat jumpa pers terkait pelaksanaan Pekan Budaya Difabel 2021, Selasa (23/11/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta akan melaksanakan Pekan Budaya Difabel (PBD).

Pekan Budaya Difabel tersebut akan dilaksanakan pada 28 November hingga 3 Desember 2021.

Kasi Seni Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Purwiati mengatakan Pekan Budaya Difabel sebelumnya dilaksankaan dengan Jambore Difabel yang dilaksanakan dari 2016 hingga 2018.

Namun karena antusiasme masyarakat yang tinggi, Jambore Difabel kemudian berganti menjadi Pekan Budaya Difabel pada 2019 hingga saat ini.

Baca juga: Tegakkan Perda di Tengah Pandemi, Satpol PP DIY Susun Skala Prioritas

"Jadi ini adalah Pekan Budaya Difabel yang ketiga sejak 2019. Untuk tema pada Pekan Bduaya Difabel ini adalah Gemati. Gemati itu digegem kanthi ati dan digegem ngati-ngati. Dengan tema seperti itu harapan kami mensinergikan kebutuhan difabel dengan kegiatan yang ada di Dinas Kebudayaan," katanya dalam jumpa pers di Dinas Kebudayaan, Selasa (23/11/2021).

Ia mengungkapkan ada berbagai kegiatan dalam PBD tersebut.

Mulai dari Gemati Pitutur berupa workshop, Gemati Micara berupa talkshow, Gemati Hasta Karya berupa pameran, Gemati Krida Budaya berupa pentas, Gemati Pustaka berupa peluncuran buku.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini maka Pekan Budaya Difabel akan dilaksanakan secara hybrid, ada daring dan luring terbatas," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pekan Budaya Difabel 2021, Broto Wijayanto menerangkan fokus utama PBD kali ini adalah pendamping difabel.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved