Breaking News:

Ini Tanda-tanda Bahwa Kamu Cuma Dimanfaatkan Orang Lain

Berikut ini tanda-tanda yang bisa kamu kenali, yang menandakan bahwa kamu cuma dimanfaatkan orang lain

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Huy Ngan from Pixabay
Ilustrasi wanita menyendiri 

TRIBUNJOGJA.COM - Dimanfaatkan orang memang merupakan hal yang sangat menyakitkan. Istilahnya ini Sakit Tapi Tak Berdarah. Apalagi jika hal itu dilakukan oleh seseorang yang dekat denganmu, yang pada kesehariannya tampak begitu baik.

Padahal nyatanya, ia ternyata hanya baik ketika berada di depanmu. Dan ia bertahan bersamamu, karena memang ada maunya. Lantas ketika kamu membutuhkan bantuan, ternyata dia tak ada di sampingmu.

Tindakan semacam ini sebenarnya bisa kamu kenali dengan sejumlah indikasi. Berikut ini tanda-tanda yang bisa kamu kenali, yang menandakan bahwa kamu cuma dimanfaatkan orang lain ;

  • Orang tersebut meminta uang, bantuan, atau barang lainnya kepadamu. Misalnya, mereka mungkin memintamu untuk meminjamkan uang atau membayar tagihan mereka.
  • Orang tersebut memaksakan padamu tanpa mempertimbangkan ketersediaan atau preferensi Anda. Misalnya, mereka ingin meminjam mobil Anda pada saat itu juga.
  • Orang tersebut mengharapkanmu untuk mengurus kebutuhan mereka. Misalnya, jika kamu pergi keluar untuk makan malam dengan mereka, mereka mungkin tidak menawarkan diri untuk membayar. Sebaliknya mereka menunggu kamu untuk membayarnya.
  • Orang tersebut tampak tidak tertarik padamu setelah kebutuhannya terpenuhi. Kamu akan ditinggalkan begitu keinginan atau kebutuhan mereka terpenuhi. Atau paling tidak, mereka tidak akan mau berlama-lama bersamamu.
  • Orang itu hanya mesra atau akrab dengan ketika itu nyaman bagi mereka. Misalnya, mereka mungkin menyayangimu sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan.
  • Orang tersebut tidak berusaha untuk membantu ketika kamu membutuhkannya. Misalnya, meskipun mereka meminjam mobilmu secara teratur, tapi mereka mungkin tidak setuju untuk memberimu tumpangan ke bandara.

Dampak Psikis Dimanfaatkan Orang Lain

"Dimanfaatkan jelas bukan tanda hubungan yang sehat. Ini berarti satu orang mengambil berlebihan sementara yang lain membuat semua pengorbanan," kata Meghan Marcum, PSYD sebagaimana dilansir Very Well Mind.

Ia merinci, bahwa dimanfaatkan bisa menyebabkan masalah kesehatan mental yang signifikan, terutama jika kamu telah dimanfaatkan atau dirugikan dalam hubungan sebelumnya.

Ini dapat memanifestasikan gejala yang terkait dengan kecemasan, depresi, dan trauma. Seiring waktu, Anda mungkin mengalami kesulitan mempercayai orang lain dan membentuk hubungan baru.

Dampak pada Hubungan

Ini mengganggu keseimbangan kekuatan dalam hubungan. Dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan akan bertanggung jawab untuk memberikan dukungan, kepercayaan, dan keamanan emosional kepada pasangannya.

Strategi untuk Menghindari Dimanfaatkan Orang Lain

Marcum mencantumkan beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindarikan diri kamu dimanfaatka orang lain ;

  • Tetapkan batasan: Belajar mengidentifikasi pelanggaran terhadap batasan antarpribadi dan menetapkan batasan yang sehat adalah cara yang bagus untuk mulai melindungi kesehatan mental kamu dan memastikan kamu tidak dimanfaatkan.
  • Jaga harga diri : Bekerja untuk membangun belas kasih diri dan mengenali nilai kamu juga dapat membantu membatasi kemungkinan dimanfaatkan dalam hubungan.
  • Mencari bimbingan: Mencari bimbingan dari profesional kesehatan mental, mentor, atau seseorang juga dapat membantu saat kamu berupaya menciptakan batasan yang sehat. (*/Very Well Mind)
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved