Breaking News:

Tenang, Vaksin Covid-19 Tak Mempengaruhi Siklus Menstruasi

Penelitian terbaru terhadap 1.273 wanita di Inggris menemukan fakta bahwa tidak ada kaitannya antara vaksinasi covid-19 dan berubahnya siklus haid

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Photo by Saranya 5 From Pixabay
Ilustrasi menstruasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Seiring dengan massifnya program vaksinasi covid-19, muncul berbagai kekhawatiran mengenai efek samping vaksin. Satu di antaranya adalah kekhawatiran bahwa vaksin covid-19 bakal mengubah siklus menstruasi.

Namun kabar ini dibantah oleh penelitian terbaru yang dilakukan terhadap 1.273 wanita di Inggris menemukan fakta bahwa tidak ada kaitannya antara vaksinasi covid-19 dan berubahnya siklus menstruasi pada wanita.

Menurut sebuah laporan yang diposting pada hari Senin di jurnal medRxiv, para wanita dalam penelitian ini menyimpan catatan yang cermat tentang siklus mereka dan tanggal vaksinasi mereka.

"Kami tidak menemukan adanya korelasi bahwa vaksin COVID-19 mengubah siklus menstruasi wanita," kata Victoria Male dari Imperial College London.

Namun hal itu tak menutup kemungkinan ada data lain jika penelitian itu dilakukan terhadap populasi yang lebih luas di negara lain.

"Penting untuk dicatat bahwa kebanyakan orang yang melaporkan perubahan seperti itu setelah vaksinasi menemukan bahwa menstruasi mereka kembali normal pada siklus berikutnya," katanya.

Adapun untuk memperoleh perlindungan yang optimal, seseorang harus mendapatkan dua kali dosis vaksin.

Sayangnya, belum semua tercover oleh vaksin dosis kedua.

Dr. John Zaia, direktur Pusat Terapi Gen City of Hope di daerah Los Angeles dan seorang spesialis dalam penelitian vaksin, mengatakan kepada Healthline bahwa kecenderungan melewatkan dosis kedua telah membuatnya khawatir.

Virus dan variannya, jelasnya, mencari “inang”. Itu berarti bahwa dengan lebih banyak orang yang divaksinasi, virus dapat menyerang mereka yang tidak sepenuhnya divaksinasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved