Breaking News:

Yamaha XSR 155 Scrambler Dikemas Berbeda Ala Elendra Garage 19

Yamaha XSR 155 merupakan model pertama retro modern dari pabrikan otomotif asal Jepang berlogo garpu tala yang pertama kali diperkenalkan 2019 lalu

istimewa
Yamaha XSR 155 Scrambler garapan bengkel kustom Elendra Garage 19 

TRIBUNJOGJA.COM - Yamaha XSR 155 merupakan model pertama retro modern dari pabrikan otomotif asal Jepang berlogo garpu tala yang pertama kali diperkenalkan 2019 lalu.

Namun 'tampang pabrikan' tersebut masih kurang bagi Erik, warga Amerika yang berdomisili di Yogyakarta, yang kemudian mempercayakan Yamaha XSR 155 miliknya dibikin tampil beda di tangan bengkel kustom Elendra Garage 19, di Ngaglik, Pendowoharjo, Sewon, Bantul.

Febriski Eldian Cahya Putra (23), kustom builder Elendra Garage 19 menjelaskan, customer asal Amerika yang berdomisili di Sleman ini menghubunginya pertama kali melalui pesan singkat di Whatsapp. Melalui pesan singkat tersebut, si customer mengatakan bahwa dirinya ingin menyambangi langsung Riski ke bengkel, untuk ngobrol secara langsung.

Baca juga: Guru Besar Hukum UI: Permendikbudristek 30/2021 Sudah Berdasarkan Bukti di Ranah Sosial

"Kemudian disampaikan bahwa dia memiliki Yamaha XSR 155, tapi sudah ada beberapa part yang diubah. Bukan kustom, tapi sekadar penambahan accessories. Jadi body dan rangka masih tetap seperti aslinya, ya kurang puaslah dengan tampilan motornya saat itu," ujar Riski saat ditemui di bengkelnya beberapa waktu lalu.

"Ia mengatakan, ingin Yamaha XSR 155 miliknya diubah bentuknya, tidak nanggung. Konsepnya, dia ingin motor yang tidak digunakan untuk berboncengan, simpel, dan tampilannya bersih," tambah pria yang baru saja lulus dari STIE YKPN ini.

Melalui proses diskusi, tercetuslah ide mengubah tampilan Yamaha XSR 155 dengan aliran scrambler. Hampir serupa dengan cafe racer, hanya saja scrambler memakai ban dual purpose yang bisa digunakan di tanah dan di aspal.

Stang yang lebar juga menjadi perbedaan dengan cafe racer, serta hilangnya hornet pada scrambler membuat motor ini jadi lebih gagah.

Posisi riding yang nyaman juga membuat motor ini siap digunakan untuk jarak jauh.

Dijelaskan Riski, beberapa ubahan yang ia terapkan pada Yamaha XSR 155 ini diantaranya yakni repaint bagian tangki, memotong bagian rangka, serta jok tandem digusur jadi single seater. Bentuk bodi belakangnya minimalis tanpa spakbor belakang.

"Rangka utama kami tetap pertahankan bawaan motor, hanya subframe yang dibuat ulang agar lebih datar," jelas Riski.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved